Kamis 06 Dec 2018 18:13 WIB

Infrastruktur UTBK untuk SBMPTN 2019 Telah Siap

UTBK rencananya akan digelar di 85 PTN yang berada di seluruh Indonesia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Esthi Maharani
Sejumlah perserta SBMPTN 2017 mengisi identitas sebelum mengerjakan soal di Ruangan Aula SAPPK ITB, Kota Bandung, Selasa (16/5). SBMPTN 2017 Panlok 34 Bandung diikuti sebanyak 51,961 perserta dan sebanyak 16 orang diantaranya perserta berkebutuhan khusus.
Foto: Mahmud Muhyidin
Sejumlah perserta SBMPTN 2017 mengisi identitas sebelum mengerjakan soal di Ruangan Aula SAPPK ITB, Kota Bandung, Selasa (16/5). SBMPTN 2017 Panlok 34 Bandung diikuti sebanyak 51,961 perserta dan sebanyak 16 orang diantaranya perserta berkebutuhan khusus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi mengklaim sarana prasana dan infrastruktur untuk Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) jalur Seleksi Masuk Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2019 telah siap. Mengingat, UTBK rencananya akan digelar di 85 PTN yang berada di seluruh Indonesia.

"Tak ada masalah. Insya Allah semua siap," kata Prof Ravik saat dihubungi Republika, Kamis (6/12).

Ravik menyampaikan, pada 3 Januari 2019 nanti panitia pusat LTMPT akan mensosialisasikan semua hal teknis tentang SBMPTN. Mulai tentang waktu pelaksanaan dan lokasi UTBK SBMPTN 2019.

"Kami akan launching nanti 3 Januari 2019," jelas dia.

Sementara itu, Koordinator Harian LTMPT Prof Budi Prasetyo Widyobroto juga menjelaskan bahwa pendaftaran UTBK akan dimulai pada tanggal 4 Januari 2018. "Kalau launching berarti semua akan diinformasikan dan sudah akan dimulai pendaftaran tanggal 4 januari," ungkap dia saat dihubungi Republika, Kamis (6/12).

Sebelumnya diketahui, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) mengubah pola seleksi pada jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) pada tahun 2019. Nantinya, tes pada jalur SBMPTN hanya akan digelar melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK) yang digelar di tes centre. Dan skor UTBK tersebut akan menjadi modal untuk mendaftar ke salah satu PTN atau prodi yang diinginkan.

                                                             

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Ravik Karsidi menerangkan, UTBK akan digelar sebanyak 24 kali pada periode Maret sampai Juni tahun 2019. Adapun untuk lokasi tes, direncanakan akan digelar di 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di seluruh Indonesia.

"Belum ada jadwal pasti, tapi kami berencana menggelar UTBK pada hari Sabtu dan Ahad, pagi dan sore, menyesuaikan jadwal libur sekolah siswa. Terlebih pada Maret sampai Juni itu mereka (calon mahasiswa) masih menyandang status sebagai siswa dan mungkin disibukkan dengan persiapan ujian akhir juga," jelas Ravik dalam konferensi pers Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri Tahun 2019 di Gedung Kemenristekdikti, Jakarta beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement