Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Tuesday, 16 Safar 1441 / 15 October 2019

Siswa TK di Bogor Ikuti Peragaan Manasik Haji Bersama

Jumat 16 Oct 2015 11:12 WIB

Red: Irwan Kelana

Para siswa TK Bina Insani melaksanakan tahalul (memotong sebagian rambut) pada peragaan manasik haji yang digelar di TK Bina Insani Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/10).

Para siswa TK Bina Insani melaksanakan tahalul (memotong sebagian rambut) pada peragaan manasik haji yang digelar di TK Bina Insani Bogor, Jawa Barat, Jumat (16/10).

Foto: Irwan Kelana/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Para siswa TK di Kota Bogor setiap tahun selalu mengikuti peragaan manasik haji. “Pelaksanaannya biasanya setelah Idul Adha,” kata Pengawas TK Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Mulayi di sela peninjauan pelaksanaan peragaan manasik haji di TK Bina Insani Bogor, Jumat (16/10).

Mulyani menambahkan, pihaknya mempunyai program peragaan manasik haji bersama siswa TK se-Kecamatan Sareal. “Setiap dua tahun sekali diadakan peragaan manasik haji gabungan tingkat Kota  Bogor. Pada saat peragaan manasik gabungan tingkat Kota Bogor, maka peragaan bersama manasik tingkat Kecamatan Tanah Sareal ditiadakan,” tuturnya.

Mulyani menjelaskan, peragaan manasik haji itu sangat penting dan bermanfaat untuk para siswa. “Melalui peragaan manasik haji ini, kita harapkan para siswa paham nilai-nilai keislaman yang dikandung dalam pelaksanaan ibadah haji,” ujar Mulyani.

Ia menegaskan, tentunya sebelum acara peragaan manasik haji, para guru sudah menjelaskan mengenai tatacara pelaksanaan dan nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah haji. “Jadi, dengan adanya peragaan manasik haji tersebut, para siswa akan memahami tentang prosesi dan nilai-nilai ibadah haji tersebut,” papar Mulyani.

Kepala TK Bina Insani Femy Balti mengungkapkan, pihaknya setiap tahun menyelenggarakan peragaan manasik haji untuk para siswanya. "Pesertanya adalah siswa TK A dan TK B," kata Femy Balti.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA