Jumat 03 May 2013 19:42 WIB

Soal UN SD Kota Tangerang Tiba Lebih Awal

Rep: Nurhamidah/ Red: Hazliansyah
Ujian Nasional (UN) tingkat SMP.   (ilustrasi)
Foto: Republika/Prayogi
Ujian Nasional (UN) tingkat SMP. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) untuk Kota Tangerang tiba pada Jumat pagi (3/5). Soal langsung didistribusikan kepada sejumlah sub rayon dari 13 Kecamatan.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Tabrani menuturkan naskah soal untuk SD datang lebih cepat, yaitu H-3 sebelum pelaksanaan ujian Senin (6/5).

“Soal sudah sampai hari ini dengan lancar karena datang pada siang hari sehingga petugas lebih siap, beda dengan UN sebelumnya (SMP dan SMA),” kata dia kepada Republika di Kantor Disdik Kota Tangerang, Jumat (3/5). Tabrani mengatakan, soal-soal tersebut kemudian dilakukan pemilahan berdasarkan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Dinas) tiap kecamatan lalu didistribusikan.

"Titik simpan soal ada di UPTD, nanti tiap sekolah mengambil soal setiap hari ke UPTD kecamatan masing-masing,” papar dia.

Jumlah peserta UN tingkat SD se-Kota Tangerang akan diikuti oleh 30.397 siswa. Dengan rincian dari Sekolah Dasar (SD) ada 27.286 peserta dari 495 sekolah. Untuk Madrasah Ibtidaiyah (MI) ada 2.962 peserta dari 96 sekolah . Sedangkan untuk Paket A ada 149 peserta dari 21 sekolah.

Tabrani mengharapkan pelaksanaan UN SD akan lebih baik dari UN SMA dan SMP. Sebab, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan seluruh Kepala UPTD Panitia UN tingkat kecamatan dan kepala sekolah untuk menjalankan ujian dengan baik.

“Semoga pelaksanaan lebih baik dan hasilnya juga baik sehingga opini UN pun akan lebih baik,” ungkapnya. Sama seperti UN sebelumnya, Tabrani mengaku tidak memiliki target kelulusan. Ia hanya berharap semua peserta UN SD dapat mengerjakan ujian dengan baik dan bisa menghasilkan nilai yang memuaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement