Sabtu 09 Feb 2019 18:10 WIB

Nurul Fikri Leadership Teladani Kepemimpinan Para Nabi

Acara diikuti pimpinan sekolah Islam dari berbagai daerah di Indonesia.

Nurul Fikri Education Center (NFEC) mengadakan NF Leadership Forum 2019.
Foto: Dok NF
Nurul Fikri Education Center (NFEC) mengadakan NF Leadership Forum 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sudah semestinya umat Islam meneladani Rasulullah Muhammad SAW. Tak terkecuali dalam menjalankan tugas kepemimpinannya. 

Hal itulah yang mendasari Nurul Fikri Education Center (NFEC) mengangkat tajuk “Prophetic Leadership” pada NF Leadership Forum 2019. Kegiatan itu diadakan di Rumah Peduli NF, Jalan Bhakti  nomor 55, Tugu, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat, Jumat (8/2).

NF Leadership Forum 2019 kali ini sekaligus menggenapi 10 tahun diselenggarakannya Leadership Forum yang sebelumnya diadakan oleh SIT Nurul Fikri. Acara ini dihadiri oleh para pimpinan sekolah Islam dari berbagai daerah di Indonesia sebagai ajang berkumpul dan bertukar pikiran, serta berkomitmen dalam memajukan pendidikan di Indonesia. 

Peserta yang hadir datang dari Aceh, Pekanbaru, Batam, Mataram, Bogor, dan Depok. Leadership Forum kali ini juga merupakan salah satu rangkaian acara yang mendahului kegiatan “Sertifikasi Supervisor Pembelajaran” yang digelar oleh NFEC,  8-13 Februari 2019.

Kegiatan NF Leadership Forum 2019 dibuka dengan sambutan Direktur NFEC, Rahmat S Syehani dan Ketua Yayasan Pendidikan dan Pemberdayaan Umat NF, Ustaz  Fahmy Alaydroes. Dalam sambutannya, Ust. Fahmy Alaydroes menekankan bahwa, “Pemimpin harus menginspirasi orang lain, inovatif, kreatif dapat beradaptasi dengan situasi yang ada,” kata Fahmy Alyadroes dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (8/2).  

Ia juga menekankan pada kepemimpinan berpijak pada Rasulullah. “Allah mengutus Rasulullah untuk mengembangkan Pendidikan dan menjadikan ayat Allah di manapun  berada,” ujarnya.

NF Leadership Forum 2019 mengundang nara sumber  Bachtiar Firdaus.  Ia  secara detil menjelaskan tentang kepemimpinan profetik, yaitu meneladani kepemimpinan yang dilakukan oleh para nabi. 

photo
Suasana NF Leadership Forum 2019 yang diadakan oleh Nurul Fikri Education Center (NFEC). .

Pada sesi kedua, Sapto Waluyo menjabarkan tentang “Menanamkan Nilai Kepemimpinan dan Mengendalikan Ambisi Kekuasaan”. “Dalam menjalankan kepemimpinannya, para nabi melakukan tiga misi, yaitu: misi humanisasi (memanusiakan manusia), liberasi (memerdekan manusia), dan transendensi (melangitkan manusia). Sebagai pemimpin kita harus bisa menjalankan hal tersebut,” Jelas Bachtiar Firdaus.

Nurul Fikri Education Center (NFEC) sebagai penyelenggara mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta NF Leadership Forum 2019 yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Semoga dapat memberikan inspirasi dalam meningkatkan komitmennya untuk bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia” kata Rahmat S Syehani.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement