Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Tak Hanya Murid, Guru pun Harus Rajin Membaca dan Menulis

Kamis 07 Feb 2019 22:23 WIB

Red: Irwan Kelana

Salah seorang guru Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) mempresentasikan buku yang sudah dibacanya.

Salah seorang guru Sekolah Bosowa Bina Insani (SBBI) mempresentasikan buku yang sudah dibacanya.

Foto: Dok SBBI
Mereka pun diminta mempresentasikan buku yang telah dibacanya.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR – Literasi (membaca, menulis dan menyimak) perlu dibiasakan di sekolah. Tidak hanya murid yang perlu didorong menekuni literasi.

“Guru pun perlu perlu aktif membaca dan menulis,” kata Wakil Direktur Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Bosowa School, Sudirman, dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (7/2).

Ia menambahkan, literasi sudah menjadi pembiasaan baik di Sekolah Bosowa  Bina Insani (SBBI). “Hal ini terbukti dengan penghargaan yang diraih  SMP Bina Insani sebagai Sekolah Inspiratif Tingkat Jawa Barat pada tahun 2017,”  ujarnya.

Selain itu, salah satu kriteria kenaikan kelas dan kelulusan di sekolah ini adalah dengan mewajibkan setiap siswanya untuk membaca minimal enam buku dalam setahun. “Rinciannya, buku sahabat Nabi (dua judul), buku bahasa Inggris (satu judul), buku bebas (tiga judul), dan bonusnya membaca cerita berbahasa Sunda,” tuturnya.

Sudirman mengemukakan, tidak hanya siswa saja yang harus membaca dan mereview buku. Hal ini pun berlaku pada semua guru di Sekolah Bosowa Bina Insani.  Para guru juga diwajibkan untuk membaca dan mereview buku. Jumlahnya minimal 12 judul dalam setahun.

Rinciannya adalah  buku penunjang pendidikan (lima judul),  buku agama (sejarah nabi/sahabat nabi, dan buku tema tentang agama) sebanyak lima judul, dan  buku penunjang hobi (dua judul). “Selain itu, bagi guru ada tambahan kegiatan lagi, yaitu mempresentasikan buku yang telah dibacanya,” kata Sudirman.

Pada Jumat (25/1), terpilih tiga orang guru, baik dari program regular maupun internasional, untuk mempresentasikan buku yang telah mereka baca. Ketiga guru itu adalah  Isak Suratman SAg, MPdI, Dra Eni Ratna, dan Anissa Yuliani Devi SPd.

Mereka mempresentasikan hasil bacaannya di hadapan Sudirman;   Manajer Pengembangan Akademik dan Kurikulum SBBI, Lies Rahmawati  SSos, MPd;  Manajer Student Affair, Ir Fatchul Jannah  MPd; dan Manajer Islamic Studies, Asep Sumarsana SAg. “Kegiatan presentasi buku ini kami agendakan digelar setiap bulan,” kata Sudirman.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA