Selasa 20 Feb 2018 19:46 WIB

MTsN Tujuh Bantul Luncurkan Tujuh Program Unggulan

Program-program unggulan ini merupakan wujud jalinan kedekatan dengan masyarakat

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Hazliansyah
Hafalan Alquran di madrasah tsanawiyah
Foto: kemenag.go.id
Hafalan Alquran di madrasah tsanawiyah

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Mts Negeri Bantul 7 Bantul meluncurkan tujuh program unggulan. Yakni diantaranya Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Gerakan Literasi, Perpustakaan Kejujuran, Madrasah English Community, buku Goresan Tinta Mayuba yang merupakan antologi pengalamam guru, pegawai dan siswa MTsN 7 Bantul dan web versi 2018.

Dalam peresmian itu, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY, Muhammad Lutfi Hamid mengatakan, apa yang dilaksanakan MTs N 7 Bantul merupakan wujud jalinan kedekatan dengan masyarakat. Tujuannya, tentu bersinergi mewujudkan kesuksesan pendidikan di Indonesia.

"Banyak pemimpin yang lahir dari madrasah dan madrasah terbukti merupakan lembaga yang mampu membina karakter anak, agar terhindar dari perilaku yang menyimpang seperti klitih, narkoba dan lain sebagainya," kata Lutfi, Selasa (20/2).

Kepala Madrasah, Etyk Nurhayati mengatakan, peluncuran program-program ini merupakan wujud keseriusan dalam mengelola pendidikan. Harapannya, meningkatkan kemampuan dan kreativitas, sekaligus wujud nyata menggeliatnya kegiatan literasi di MTs N 7 Bantul.

Selain itu, sebagai wujud gerakan kegiatan gemar membaca di kalangan masyarakat, dilakukan pengadaan perpustakaan mini di poskamling-poskamling sekitaran madrasah. Etyk berharap, kegiatan itu dapat membuat masyarakat sadar akan pentingnya membaca.

"Membaca dan menambah wawasan dalam berbagai ilmu pengetahuan dan agama," ujar Etyk.

Turut digelar kegiatan bimtek komputer gratis bagi masyarakat, pembagian sembako bagi keluarga tidak mampu dan bersih masjid sekitar madrasah. Hal itu dilakukan demi mendekatkan diri kepada masyarakat sekitar.

Kepala Dinas Kabupaten Bantul, Didik Warsito, menitipkan harapan kepada MTs N 7 Bantul. Dalam usia ke 40 tahun, ia berharap prestasi yang ada dapat menaikkan peringkat akademik yang selama ini masih menduduki rangkin se-DIY.

Selain itu, melalui milad ini semoga program-program yang telah dicanangkan bisa berlanjut di masa yang akan datang. Sehingga, semangat itu dapat ditularkan kepada sekolah-sekolah lain yang akan membuat peningkatan kualitas pendidikan tersebar luas.

"Semoga inovasi yang telah dilakukan Mayuba merambah ke madrasah yang lain," kata Didik.

Bersamaan peluncuran, diserahkan pula trofi kejuaraan kelas literasi oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY, Nadhif, dan penyerahan rak literasi kepada ketua-ketua RT sekitar dari Kepala Kantor Kemang Kabupaten Bantul, Bukhori Muslim.

Peluncuran turut dihadiri Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bantul, Agus Silistyana, Kepala Seksi Peningkatan Mutu dan Supervisi LPMP DIY, Muspika Kecamatan Piyungan, ketua-ketua K2MTs Kabupaten/Kota se-DIY.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement