Selasa, 11 Zulqaidah 1439 / 24 Juli 2018

Selasa, 11 Zulqaidah 1439 / 24 Juli 2018

Dua Penelitian Siswa ini Disiapkan ke Olimpiade Sains di AS

Rabu 13 Desember 2017 16:58 WIB

Red: Agung Sasongko

penelitian (ilustrasi)

penelitian (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Penelitian soal limbah cangkang Kerang Hijau dan konsep inovasi Taman Kota, karya siswa SMA Santa Laurensia Alam Sutera disiapkan untuk mengikuti kompetisi Olimpiade Sains Internasional di Amerika Serikat, 17 Mei 2018. Dua penelitian tersebut merupakan juara nasional.

Penelitian Butiran Cangkang Kerang Hijau dan Mangrove yang bisa mengatasi limbah lingkungan karya Christoper Prasetya Mulya dan Devina Grisella, kelas 12 IPA. Kedua mengaku, ide penelitian terhadap cangkang kerang hijau dan taman Mangrove ini berawal dari banyaknya kasus tanaman alga atau pitoplankton yang menjadi  penyebab utama kontaminasi limbah.

"Salah satunya adalah kasus matinya ratusan ikan di pantai Ancol beberapa tahun yang lalu,"katanya, dalam siaran persnya, Rabu (13/12).

Hasil observasi kami ternyata Cangkang  Kerang Hijau mampu menyerap limbah kation dan anion penyebab pencemaran lingkungan tersebut. Hingga akhirnya mereka membuat larutan dari ekstra kerang hijau dan Mangrove yang menghasilkan butiran butiran sebesar 100 mikrometer."

Butiran berbentuk serbuk ini setelah kami coba ke air yang sudah dilaruti logam dan besi, ternyata mampu mengikat zat dan menjadikan air kembali jernih,"kata Christoper.

Sementara, Taman Berkonsep Sebagai Inovasi Pengembangan Taman Kota di Tangerang Selatan karya  Sheilla Putri Wijanarko dan Felisya Anabel, Kelas 12 IPS, mengetengahkan konsep taman yang ideal. Sebuah taman yang memenuhi aspek pendidikan, kesehatan, keamanan dan ekologi.

Kepala SMA Santa Laurensia Alam Sutera, Serpong Theja Kurniawan mengatakan untuk event bergengsi itu pihaknya kini sedang melakukan berbagai persiapan. "Salah satunya, kami mendapat mentoring tambahan dari LIPPI,"katanya.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES