Kamis 09 Nov 2017 13:28 WIB

Yayasan Astra Bangun Gedung SMKN 2 Donorojo di Pacitan

PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di SMKN 2 Donorojo, Rabu (8/11).
Foto: yayasan astra
PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di SMKN 2 Donorojo, Rabu (8/11).

REPUBLIKA.CO.ID, PACITAN -- PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) melaksanakan prosesi peletakan batu pertama di SMKN 2 Donorojo, Rabu (8/11). Ketua Pengurus YPA-MDR, Herawati Prasetyo mengatakan khusus di Kabupaten Pacitan, sejak tahun 2012 Astra merintis dan membina SDN Kalak 1, SDN Kalak 2, SDN Sendang 1, SDN Sendang 3 dan SDN Widoro 2. Setelah itu, Astra melanjutkan pembinaan di SMPN 2 Donorojo dan SMKN 2 Donorojo pada 2016.

SMKN 2 Donorojo akan diterapkan pembinaan kejuruan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP). Jurusan tersebut dipilih karena sesuai dengan kecakapan hidup di Kecamatan Donorojo yaitu, pertanian. Tujuan perintisan tersebut adalah agar jenjang pendidikan siswa binaan kami terpenuhi dan dapat menghasilkan siswa yang dapat mengharumkan nama daerahnya serta turut berperan dalam pembangunan ekonomi daerah.

“Siswa siswi SMKN 2 Donorojo Jurusan APHP akan dipersiapkan untuk mengikuti Program Teaching Factory (TeFa) yang merupakan program pengembangan kemampuan kewirausahaan siswa untuk mempersiapkan diri memiliki Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bertujuan untuk memberikan dampak positif terhadap aspek pendidikan serta turut berperan dalam pembangunan ekonomi daerah binaan," ujar Herawati.

Nantinya, kata Herawati, SMKN 2 Donorojo perlu menerapkan ISO 9001 yang merupakan standar internasional Sistem Manajemen, agar secara efektif dan efisien dapat menjaga dan meningkatkan mutu sekolah. Serta tidak menutup kemungkinan untuk menjadikan sekolah yang berbasis Information Communication Technology (ICT) agar sekolah berwawasan global pada 2020 dapat tercapai.

Dengan luas bangunan 2.142 meter persegi, pembangunan SMKN 2 Donorojo ini meliputi fasilitas sekolah seperti 3 ruang workshop, 3 ruang kelas, mushola, ruang ramu, ruang tata usaha, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang UKS, ruang BK, toilet dan menara air.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan pendidikan menjadi bagian penting dalam perjalanan hidup manusia. Karena akan membentuk manusia yang baik dalam segala hal. Ada dua hal yang menjadi perhatian didalam dunia pendidikan. Yakni akses dan mutu. "Mudah-mudahan apa yang dilakukan PT. Astra Internasional tetap memberi manfaat," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement