Monday, 5 Zulhijjah 1443 / 04 July 2022

Apple Bangun Universitas Online Pertama

Ahad 15 Oct 2017 18:50 WIB

Rep: Nora Azizah / Red: Citra Listya Rini

Co-Founder Apple Steve Wozniak.

Co-Founder Apple Steve Wozniak.

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, SAN FRANSISCO  --  Co-Founder Apple Steve Wozniak mulai fokus mengembangkan lini bisnis perusahaan dibidang pendidikan. Laman Fortune mengabarkan, Wozniak yang juga pakar teknologi dan sudah membantu Apple lebih dari 40 tahun tersebut akan segera meluncurkan universitas online bernama Woz U.

Wozniak juga akan membangun kampus secara fisik pada lebih dari 30 negara di dunia, bahkan bisa lebih. Kampus pusat Woz U akan berada di Scottsdale, Arizona, Amerika Serikat (AS).

Universitas online tersebut akan menyediakan layanan belajar online mempelajari Computer Science dan dibidang sejenisnya. Tidak hanya itu, kampus juga akan membantu para lulusannya untuk mendapatkan pekerjaan di industri teknologi.

Woz U sudah bermitra dengan Southern Careers Institute yang saat ini sudah ada tujuh universitas di Texas. Meski demikian rencana Woz U ke depan akan menggandeng kampus dan institusi lainnya.

"Tujuan kami untuk mengedukasi dan mendidik masyarakat sehingga memiliki kemampuan digital tanpa perlu menghabiskan waktu bertahun-tahun," kata Wozniak.

Banyak orang takut menekuni bidang teknologi karena beranggapan sulit menguasai ilmu tersebut. Wozniak mengungkapkan, semua orang bisa untuk menguasainya dan tidak sulit. Selain bekerja sama dengan kampus dalam memberikan kursus dan pelatihan, Woz U juga akan merangkul para perusahaan teknologi untuk memberikan kesempatan kerja atau training.

Woz U juga memiliki rencana panjang ke depan untuk menerapkan kurikulum Computer Science di banyak sekolah. Saat ini kursus online hanya tersedia untuk studi pengembangan perangkat lunak. Namun dalam waktu dekat, yakni tahun depan sudah bisa menyediakan studi untuk data science, mobile apps, dan cyber security.

Harga untuk kursus belum tersedia di laman resmi kampus. Ketika Fortune melakukan konfirmasi pihak kampus hanya menjelaskan bahwa biaya kursus disesuaikan dengan kebutuhan dan program yang diambil mahasiswa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 

BERITA TERKAIT

 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA