Jumat 16 Jun 2017 01:33 WIB

6.296 Peserta Lolos Seleksi Guru Garis Depan

Rep: Umi Nur Fadilah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Seorang guru mengajar di kelas.   (ilustrasi)
Foto: Antara
Seorang guru mengajar di kelas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB) mengatakan sebanyak 6.296 orang lolos seleksi Guru Garis Depan (GGD). Hasilnya akan segera diumumkan dalam waktu dekat.

"Peserta yang lulus ada 6.296 orang," kata Kepala Biro Hukum Komunikasi dan Informasi Publik Kemenpan RB Herman Suryatman dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Kamis (15/6).

Ia menjelaskan, seleksi GGD sedah dilakukan sejak sembilan bulan lalu. Pun proses verifikasi dan validasi data sudah dilaksanakan dan ditetapkan sesuai kebutuhan.

Saat ini, ia mengatakan, Kemenpan RB telah menyerahkan penetapan kebutuhan PNS dari program GGD dan hasil seleksi kompetensi dasar pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ia menuturkan, rencananya Kemendikbud akan menyerahkan hasil seleksi pada para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) daerah. "Harapannya minggu depan semua PPK Daerah sudah mengumumkan," ujar Herman.

Sebanyak 6.296 orang lulus seleksi  kompetensi dasar program GGD. Dari jumlah itu, sebanyak 40 orang beruusia di atas 35 tahun. Sehingga, menurutnya, penyelesaiannya nanti disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan. Jumlah GGD tersebar di 93 kabupaten dan 14 provinsi.

Herman menjelaskan seluruh peserta akan ditempatkan di daerah terdepan, terluar, tertinggal dan terpencil di pelosok nusantara. Ia menegaskan, seluruh proses pemberkasan sampai dengan terbitnya persetujuan NIP dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) tidak dipungut biaya apapun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement