Sabtu 05 Nov 2016 21:45 WIB

Full Day School Diuji Coba di 1.500 Sekolah

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mendikbud Muhadjir Effendy berudiensi saat melakukan kunjungan di kantor Harian Republika di Jakarta, Rabu (24/8).
Foto:

Ketika ditanya apakah materi PPK ini masuk dalam kurikulum, dia mengatakan tidak akan masuk dalam silabus sehingga tidak akan ada penambahan mata pelajaran.

Bahkan, kata dia, banyak mata pelajaran di SD dan SMP yang akan dihapus sebab sekolah-sekolah pelaksana "full day school" itu memang dirancang untuk lebih banyak melakukan aktivitas baik di dalam kelas, di dalam sekolah maupun di luar sekolah, dibanding sistem ceramah dimana guru berbicara dan murid mendengarkan saja.

"Dengan begitu ada keleluasaan pada murid untuk berekspresi, apresiasi dan berkreasi," tutur mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Menteri yang juga Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah itu mengapresiasi sambutan daerah-derah terhadap implementasi program nasional PPK ini.

"Sudah banyak daerah yang minta menjadi tempat uji coba implementasi PPK seperti Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Siak, Pasuruan, Gubernur Riau, Kalimantan Selatan dan NTT. Kalau Sulawesi Tengah belum," katanya.

Menteri menegaskan pengembangan karakter ini merupakan pondasi bagi pembangunan nasional di masa mendatang. Kalau pondasinya kuat, maka apapun yang dibangun di atasnya akan kokoh, sebaliknya kalau pondasinya rapuh, maka bangunan di atasnya akan mudah roboh, ujarnya.

Menteri juga menegaskan impelentasi PPK ini bukan proyek sehingga tidak ada tambahan anggaran atau tambahan sarana dan fasilitas, karena PPK seharusnya memang sudah menjadi suatu hal yang harus dilaksanakan para guru, kepala sekolah dan komite sekolah.

"Pokoknya guru harus pintar dan cerdas bagaimana memanipulasi lingkungan untuk kepentingan proses belajar mengajar baik sebagai sember maupun fasilitas belajar mengajar. Misalnya kalau tidak ada lapangan sepak bola, kan ada lapangan balai desa, silahkan gunakan, ngak ada mushola kan ada masjid," katanya.

Karena itu, katanya, tantangan utama PPK ini ada pada guru karena guru dewasa ini cenderung kurang kreatif karena sudah enak dengan sistim pembelajaran tradisional yang bertumpu pada keberadaan kelas.

"Sebenarnya guru-guru itu sudah banyak dibekali dengan berbagai strategi mengajar yang jitu, namun tidak digunakan. Ibarat pesilat yang sudah menguasai banyak sekali jurus, namun tetap hanya menggunakan satu jurus. Ini harus diubah, mindset dan mental guru harus direvolusi," ujarnya.

Itu sebabnya, katanya, dalam tahap awal uji coba implementasi penguatan pendidikan karakter tersebut, Kemendikbud memulainya dengan peningkatan kemampuan para guru dan kepala sekolah serta menerapkan semacam perlakuan khusus untuk merangsang kreatifitas serta meluruskan pemahaman mereka bahwa mengajar itu tidak boleh tergantung pada sistem ceramah di kelas.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement