Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

Minggu, 10 Syawwal 1439 / 24 Juni 2018

PAUD Dinilai Bagian Terpenting Perkembangan Anak

Senin 03 Oktober 2016 20:12 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Seruni Indah belajar di bangunan majelis taklim swadaya masyarakat, Kalijodo, Jakarta, Selasa (16/2).

Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Seruni Indah belajar di bangunan majelis taklim swadaya masyarakat, Kalijodo, Jakarta, Selasa (16/2).

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani) Giwo Rubianto Wiyogo mengatakan, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan bagian terpenting dalam perkembangan anak.

"Periode nol hingga empat tahun merupakan periode emas, periode itu anak mengalami perkembangan pesat terutama kecerdasan otak. Proses pembelajaran pada anak dapat optimal jika anak mendapatkan stimulasi yang baik," ujar Giwo di Jakarta, Senin (3/10). Jika anak tak mendapatkan stimulasi yang baik, maka dikhawatirkan ketika beranjak dewasa anak akan mengalami masalah mental. Salah satu penyebabnya adalah rasa trauma saat kecil.

Oleh karena itu, lanjut Giwo, penting bagi keluarga memberikan contoh dan kegiatan positif karena satu bagian terpenting dari kehidupan manusia. "Kowani meyakini bahwa ibu merupakan pendidik pertama dan utama bagi keluarga," katanya.

Ibu Bangsa merupakan hasil dari Kongres perempuan ke II pada 1935 yang menyatakan bahwa kewajiban utama perempuan Indonesia adalah sebagai Ibu Bangsa yang berarti berusaha menumbuhkan generasi baru yang lebih sadar akan kebangsaannya. "Keluarga merupakan lingkungan pertama bagi anak dan ibarat lahan paling subur sebagai media tumbuh dan kembangnya anak anak usia dini."

Kowani dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menjadi pelopor pelaksanaan program pendidikan anak usia dini. Bersama dengan pemerintah, Kowani yang beranggotakan 88 organisasi wanita di tingkat pusat dengan 52 juta anggota di seluruh Indonesia mensosialisasikan program PAUD.

Selain itu, juga melakukan pembimbingan dan peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini, pelatihan pada tenaga pendidik dan tenaga pengelola melalui teknik mengajar serta penguatan keluarga berupa pembinaan dan pendidikan dengan sistem keluarga yang kuat dan stabil.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA