Sabtu 27 Aug 2016 16:33 WIB

Bogasari Sasar Anak SMK untuk Jadi Wirausaha

Rep: Dwina Agustin/ Red: Andi Nur Aminah
Siswa SMK Tata Boga melakukan uji kompetensi keahlian Tata Boga (ilustrasi)
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Siswa SMK Tata Boga melakukan uji kompetensi keahlian Tata Boga (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bogasari mencoba mendorong pertumbuhan industri kreatif dalam sektor jasa maupun barang khususnya di kalangan anak muda. Salah satu cara dalam usaha tersebut yaitu dengan diadakan Lomba Cipta Kreasi Resep (LCKR) 2016 untuk anak SMK.

Lomba menciptakan inovasi dan kreasi resep makanan berbasis terigu ini akan berlangsung di bulan Agustus, September dan Oktober. Lomba akan melibatkan siswa SMK di lima kota, yaitu Jakarta, Bandung, Bogor, Cirebon dan Purwokerto.

Sheila Aryyani, Product Group Manager Bogasari mengatakan melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Sabtu (27/8), lomba tersebut digelar Bogasari untuk merangsang lahirnya ide-ide inovatif dan kreatif dari anak-anak SMK Jurusan Tata Boga. Mereka tidak hanya ditantang untuk melahirkan satu resep baru, tapi harus memiliki nilai usaha.

Karena itu sistem penilaian dalam lomba tidak hanya soal produk yang dibuat, namun juga uji kelayakan akan nilai potensi usaha dari produk yang mereka hasilkan menjadi poin penting pula. "Akan ada penilaian mulai dari aspek citarasa, aspek pemasaran, hingga permodalan dan margin yang bisa didapat," ujarnya.

Menurut Sheila, konsep besarnya ingin melahirkan siswa SMK Jurusan Tata Boga yang siap menjadi entrepreneur (pelaku usaha). Dengan kemampuan memasak mereka dapat menghasilkan sesuatu yang besar untuk kehidupan selanjutnya, tidak hanya dalam bidang persaingan kerja namun lebih kepada menjadi pelau usaha di sektor makanan.

"Lewat Lomba Cipta Kreasi Resep Bogasari, diharapkan akan lahir lulusan SMK jurusan Tata Boga yang  tidak hanya siap bersaing di dunia mkerja tapi juga siap menjadi pelaku usaha di sektor makanan," kata Sheila.

(Baca Juga: Bogasari Gelar Lomba Cipta Resep Bagi Siswa SMK)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement