Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Senin, 15 Ramadhan 1440 / 20 Mei 2019

Ribuan Siswa SMA Ikuti Program Mengenal Nusantara

Senin 01 Agu 2016 16:17 WIB

Red: Yusuf Assidiq

Para siswa SMA dari Bali peserta program SMN sedang mendengarkan pemaparan terkait peran BUMN.

Para siswa SMA dari Bali peserta program SMN sedang mendengarkan pemaparan terkait peran BUMN.

Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKARAYA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dalam rangka Peringatan HUT Ke-71 Republik Indonesia. Melalui program ini, ribuan siswa SMA di Indonesia akan saling berkunjung ke berbagai provinsi di Tanah Air.

Kahumas Pelindo III, Edi Priyanto, menuturkan pihaknya bersama PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI), dan PT Semen Baturaja, turut berpartisipasi pada program SMN. Menurut dia, ketiga BUMN tersebut bersama menjadi fasilitator 20 siswa SMA terbaik dari Bali untuk berpetualang selama sepekan penuh di Palangkaraya, Katingan, dan Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

“Program SMN mengusung tema ‘Indonesia Negeri Kebanggaanku’, sebagai bentuk kontribusi BUMN dalam membangun kapasitas nasional yang tidak hanya dari sisi bisnis dan perekonomian, tetapi juga melalui generasi penerus bangsa,” jelas dia, saat menerima kedatangan para siswa Bali di Palangkaraya, Senin (1/8).

Pada kesempatan itu, para siswa mendapatkan paparan tentang profil Provinsi Kalteng dan peran BUMN dalam bekerja meningkatkan daya saing bangsa.  Para siswa juga diajak berkunjung ke salah satu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang dibiayai oleh Sarana Kalteng Ventura, sebagai anak perusahaan Bahana Artha Ventura (BAV). 

Kegiatan lainnya yakni kunjungan ke Pelabuhan Bagendang yang dikelola Pelindo III. “Pelajar bisa melihat langsung bagaimana Pelindo III mengelola Pelabuhan Bagendang dengan kinerja bongkar muat yang efisien, sehingga pelabuhan bisa menjadi gerbang logistik yang produktif di Pulau Kalimantan,” jelas Edi, dalam siaran persnya.

Fajar Wibhiyadi, Deputy Direktur Operasional BPUI menambahkan agar apa yang diperoleh selama menjalankan program ini, para siswa dapat berkontribusi terhadap daerah asalnya, Bali. Yakni dengan mengimplementasikan apa yang sudah diperoleh di Kalimantan Tengah.

 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA