Senin, 22 Ramadhan 1440 / 27 Mei 2019

Senin, 22 Ramadhan 1440 / 27 Mei 2019

Pelajar Sulbar Perkenalkan Sarung Mandar di Sumut

Senin 01 Agu 2016 07:02 WIB

Red: Andi Nur Aminah

Menenun Sarung Mandar

Menenun Sarung Mandar

Foto: Tammangale

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Pelajar dari Provinsi Sulawesi Barat peserta program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) akan memperkenalkan produk lokal berupa Sarung Mandar kepada masyarakat Provinsi Sumatra Utara. "Pada program SMN, pelajar dari Sulbar akan berkunjung ke Sumut, dan siswa dari Sumut juga akan berkunjung ke Sulbar untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan potensi daerah sebagai khasanah bangsa," kata seorang pejabat Diknas Sulbar, Mustamin di Mamuju, Ahad (31/7).

Dia mengatakan siswa Sulbar akan dibekali dengan sarung mandar yang merupakan hasil kebudayaan lokal. Selain itu delegasi Sulbar akan memperkenalkan nilai-nilai budaya Sulbar ketika Sumut.

Pada SMN ini, 20 siswa dikirim ke Sumut. Dua di antara siswa itu penyandang disabilitas. Para pelajar didampingi empat pendamping dan seorang guru teladan.

Para siswa Sulbar itu akan berada di Sumatra Utara selama sepekan dan akan diberangkatkan pada 1 Agustus 2016 dengan pesawat Garuda Indonesia. "SMN diselenggarakan Badan Usaha Milik Negara bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Sulbar, sebagai rangkaian program peringatan Hari Ulang TahunKemerdekaan Republik Indonesia ke-71 yang digelar BUMN di Sulbar," kata Mustamin.

Mustamin mengatakan, pemerintah di Sulbar sangat mengapresiasi SMN karena baru pertamakali digelar di Sulbar. Program ini merupakan kegiatan penting untuk memperluas wawasan siswa dan meningkatkan kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA