Jumat 15 Jul 2016 20:45 WIB

Sekolah Diminta tidak Membebani Masyarakat dengan Biaya-biaya Tambahan

Rep: Eko Widiyatno/ Red: M.Iqbal
Sejumlah kepala sekolah mengikuti pelantikan kepala sekolah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (30/3).
Foto: Antara/Abriawan Abhe
Sejumlah kepala sekolah mengikuti pelantikan kepala sekolah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (30/3).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Bupati Banyumas Achmad Husein meminta sekolah tidak membebani masyarakat/orang tua dengan biaya-biaya tambahan yang tidak ada relevansinya. Menurut Achmad, beban masyarakat, terutama yang berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah, sudah cukup berat. Untuk itu, itu pihak sekolah jangan membebani lagi para orang tua dengan biaya pendidikan yang berat.

Achmad menyatakan, para kepala sekolah yang baru dilantiknya hari ini, diharapkan bisa membuat masyarakat atau orang tua siswa di Banyumas untuk menjadi lebih bergairah dan bersemangat menyekolahkan anak-anaknya. Untuk itu, yang paling penting dilakukan adalah agar pihak sekolah tidak lagi membebani para orang tua dengan biaya yang tidak perlu bagi pendidikan anak-anaknya.

"Para kepala sekolah harus bisa memberikan kesempatan yang sama pada seluruh masyarakat untuk mendapatkan pendidikan. Berikan kesempatan dan akses yang sama, agar anak-anak dari keluarga miskin juga untuk mengenyam pendidikan yang berkualitas. Jangan hanya anak-anak dari keluarga kaya saja yang bisa mengenyam pendidikan berkualitas," katanya.

Mengenai proses pengangkatan beberapa guru menjadi kepala sekolah, Achmad Husein menegaskan bahwa seluruh proses mutasi atau promosi guru menjadi kepala sekolah merupakan proses yang diusulkan dari bawah. Untuk itu, Bupati mengaku banyak diantara para kepala sekolah tersebut yang tidak dia kenal.

"Hampir 99 persen kepala sekolah yang baru dikukuhkan ini tidak saya kenal. Hal ini karena semuanya adalah usulan dari bawah melalui mekanisme yang telah ditetapkan. Untuk itu tidak ada satu pun guru yang diangkat menjadi kepala sekolah karena faktor kedekatan dengan saya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement