Selasa 17 May 2016 15:22 WIB

Mendikbud: Guru Harus Jadi Sosok Pembelajar

Anies Baswedan
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Anies Baswedan

REPUBLIKA.CO.ID, KOBA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan guru harus menjadi sosok pembelajar untuk memberi contoh kepada anak didiknya.

"Bagaimana mungkin anak kita belajar kalau guru tidak belajar, maka guru harus sosok pembelajar. Begitu guru berhenti belajar maka itu kemunduran," kata Anies di hadapan ratusan guru dan kepala sekolah di Koba, Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (17/5).

Ia menjelaskan guru tidak hanya mengajar saja tetapi juga harus mendidik dan memberikan inspirasi bagi anak didiknya.

"Jadilah guru mengesankan yang selalu diingat anak didik, jika ingin terus diingat maka harus menjadi guru yang luar biasa," ujarnya.

Ia mengatakan guru itu adalah sosok yang memberikan inspirasi, mendidik, dan menggerakkan sehingga membuat anak termotivasi.

"Pada prinsipnya materi ajar itu sama, maka berikan kesan-kesan dan karakter yang bernilai positif," ujarnya.

Ia mengatakan melihat wajah masa depan bangsa itu ada di ruang kelas dan caranya diperlukan literasi, berkarakter dan kinerja.

"Ada empat yang harus dimiliki guru yaitu kemampuan kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi. Ini penting diterapkan dalam mendidik, ini kompetensi abad 21," ujarnya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement