Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Saturday, 3 Syawwal 1442 / 15 May 2021

Lagi, Anak Indonesia Torehkan Prestasi Dunia pada Bidang Matematika

Rabu 16 Dec 2015 03:34 WIB

Rep: c13/ Red: Damanhuri Zuhri

Anak jago matematika/ilustrasi

Anak jago matematika/ilustrasi

Foto: educationnews.org

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak Indonesia kembali menorehkan prestasi dunia. Kali ini, 15 peserta didik SMP mampu merebut medali emas, perak dan perunggu di kompetisi International Teenagers Mathematics Olympiad (ITMO) 2015 di Sungai Petani, Kedah, Malaysia. 

Melalui siaran pers, Selasa (15/12), tim Indonesia matematika SMP menunjukkan kehebatannya dengan menyabet lima medali emas. Mereka juga mampu merebut enam medali perak dan sembilan medali. Kompetisi dua tahunan ini menjadi cetak prestasi yang luar biasa bagi siswa SMP di kancah Internasional.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemenidikbud), Supriano mengungkapkan telah mengirim empat tim pada perhelatan itu.

Tim ini meliputi tiga leaders, empat deputy leaders dan 15 peserta didik. “Sejumlah siswa itu juga berasal dari peraih medali emas, perak dan perunggu Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional 2015 di Palu, Sulawesi Tengah,” ungkap Supriano.

Menurut Supriano, para siswa dibina dan diberikan pembekalan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM) Bogor, Jawa Barat selama enam minggu. Mereka mendapat pendidikan secara intensif.

Kompetisi Internasional ini diikuti 160 peserta yang terbagi menjadi 40 tim dari 11 negara. Negara-negara tersebut, yakni Bulgaria, Indonesia, Khazakstan, Malaysia, Nepal, Phillipina, Rusia, Srilanka, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Para peserta mendapatkan dua tes yang meliputi individual test and team contest. Semua peserta harus berpartisipasi dalam kedua tes tersebut. Individual test terdiri atas  12 pertanyaan dengan jawaban singkat. Selanjutnya, terdapat pula tiga pertanyaan dengan jawaban terurai dengan solusi.

Supriano menerangkan, para peserta yang memperoleh lima medali emas pada ITMO 2015 untuk kategori individual test. Mereka adalah siswa SMPN 2 Depok, Jawa Barat, Irfan Urane Azis dan peserta didik SMPK St. John, Banten, Hardyansel Kesuma.

Kemudian, siswa SMPK Petra 3, Jawa Timur, Valentino Dante T dan pelajar SMP PL Domenico Savio, Jawa Tengah, Claudeon Reinard S. Untuk kategori penghargaan grup, TIM INA C berhasil mendapatkan medali emas. Tim ini terdiri dari Irfan Urane Azis, Hardyansel Kesuma, Lucia Tirta Gunawan dan Radian.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA