Sabtu 12 Sep 2015 20:32 WIB

“Ice Breaker” Tumbuhkan Semangat Mahasiswa Baru BSI

Foto: Dok BSI
"Ice breaker game" dapat mengusir kejenuhan, seperti yang ditampilkan pada Seminar Motivasi (Semot) mahasiswa baru BSI Bogor, Sabtu (12/9).

REPUBLIKA.CO.ID,  BOGOR -- Pada tahun perkuliahan baru ini Bina Sarana Informatika (BSI) kembali menggelar Seminar Motivasi (emot) untuk menyambut para mahasiswa  baru BSI. Seminar ini digelar secara serentak di seluruh kampus BSI, dari kampus yang terletak diseluruh kota Jakarta hingga kampus BSI di Pontianak (Kalimantan).

 Seminar ini dilaksanakan selama dua hari secara berturut-turut dari tanggal 12 – 13 September 2015. “Semot merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan khusus bagi mahasiswa baru BSI. Orientasi akademik ini pada dasarnya merupakan masa transisi antara dunia sekolah ke dunia perguruan tinggi,” kata Syafira,  salah satu mahasiswa baru BSI, di Jakarta,  Sabtu (12/9).

Semot diisi oleh para motivator yang kompeten. Para peserta pun sangat antusias dengan materi yang disampaikan.

Tetapi sebagaimana pada umumnya terjadi, konsentrasi seseorang dalam menyimak materi tentunya memiliki tingkat kejenuhan. Oleh karena itu diperlukan  kegiatan yang dapat mengatasi kejenuhan tersebut.

Salah satu contohnya   dilakukan oleh Yulikus, narasumber dan motivator Semot yang dilaksanakan di kampus BSI Bogor, Jawa Barat.  Yulikus menerapkan berbagai macam ice breaker game untuk mencegah kejenuhan para peserta seminar dan menumbukan semangat para mahasiswa baru.

“Cara ini efektif untuk menghilangkan kejenuhan para peserta dan menumbuhkan semangat para mahasiswa baru hingga akhir acara seminar. Selain itu ice breaker game ini dapat meningkatkan konsentrasi para mahasiswa baru,” tutur Yulikus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement