Sabtu 14 Mar 2015 14:32 WIB

2019, Babel Targetkan Semua Sekoah Ikuti UN Online

Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014 di SMP Negeri 1, Jakarta Pusat, Senin (5/5).
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional (UN) 2014 di SMP Negeri 1, Jakarta Pusat, Senin (5/5).

REPUBLIKA.CO.ID, PANGKALPINANG -- Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung (Babel) menargetkan pada 2019 seluruh sekolah tingkat SLTA dan SMP sederajat di daerah itu sudah melaksanakan ujian nasional secara online.

"Pada tahun ini, kami sudah memprogramkan 'computer based test' (CBT) dengan meningkatkan sarana dan prasana pelaksanaan ujian secara online tersebut," kata Kepala Bidang Pendidikan Tinggi (Dikti) Dinas Pendidikan Babel Wahyudin, Sabtu (14/3).

Program CBT itu akan dilakukan di 133 sekolah tingkat SMA, MA dan SMK serta 229 sekolah tingkat SMP/MTs yang tersebar di kabupaten/kota yaitu Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang. Secara bertahap, kata dia, pemerintah daerah akan ,emingkatkan sarana dan prasarana komputer, laboratorium komputer dan sumber daya manusia (SDM) guru agar seluruh bisa melaksanakan ujian nasional secara online.

Ia mengatakan, setiap tahunnya penerapan UN online akan dilakukan secara bertahap hingga seluruh sekolah memenuhi syarat untuk melaksanakan UN secara komputerisasi tersebut. "Pada tahun ini, UN online ini akan diujicobakan di enam sekolah tingkat SLTA, semenntara sekolah lainnya masih melaksanakan UN secara manual," ujarnya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement