Rabu 11 Mar 2015 13:44 WIB

Bali Gelar Pemantapan Ujian Nasional

Rep: ahmad baraas/ Red: Taufik Rachman
Siswa SMA saat melaksanakan ujian nasional.
Foto: Yasin Habibi/Republika
Siswa SMA saat melaksanakan ujian nasional.

REPUBLIKA.CO.ID,DENPASAR - Sebanyak 52.889 orang siswa SMA sederajat, selama tiga hari sejak Kamis (12/3), akan mengikuti ujian pemantapan (UP) atau try out. Seluruh soal kata Humas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bali, I Nyoman Pugra, sudah selesai didistribusikan.

"Soal-soal sudah dikirim tadi pagi, pukul 06.00 wita," kata Pugra di Denpasar, Rabu (11/3). UP SMA menguji  mata pelajaran yang akan diujikan saat UN. UP SMA sebelumnya direncanakan berlangsung akhir Pebruari, namun baru terlaksana saat ini.

Sementara untuk UP SMP yang sebelumnya direcanakan awal Maret, akan dilangsungkan akhir Maret.

Dikatakan Pugra peserta UP SMA tersebar di 350 sekolah di seluruh Bali. Sedangkan UP untuk SMP diikuti sebanyak 65.778 sisiwa yang tersebar di 430 sekolah di seluruh kabupaten. Untuk paket C tidak diselenggarakan UP, namun para siswanya langsung mengikuti UN bersamaan dengan sswa yang lain.

Salah seorang pengajar di SMA Muhammadiyah Denpasar, Abdul Hakim SH mengatakan, pelaksanaan UP di Denpasar dilaksanakan sebanyak dua kali. Pekan lalu kata Abdul Hakim, digelar try out yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Depasar dan kali ini digelar oleh Dinas Pendidikan Provinsi Bali.

"Bagi para siswa, try out yang berulang-ulang justru positif, karena akan memperkaya pengalaman dan wawasan mereka dalam mengenal dan memecahkan soal-soal ujian," kata Pugra.

UP SMA untuk jurusan IPA akan mengujikan pelajaran fisika, kimia, biologi, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan matematika. Sedangkan untuk jurusan IPS mengujikan sosiologi, antropologi, ekonomi, bahasa Indonesia, bahsa Inggris, dan matematika

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement