Rabu 04 Mar 2015 04:39 WIB

20 Siswa SMK akan Ikut Berlayar ke Milan

Rep: c64/ Red: Hazliansyah
Siswa SMK (ilustrasi)
Siswa SMK (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pendidikan Menengah (Dikmen) memastikan sekitar 20 siswa SMK Perikanan akan ikut serta dalam ajang internasional dalam waktu dekat ini. Tepatnya akan ikut serta dalam Operasi Kartika Jala Krida Word Expo di Milan, Italia pada Mei hingga Juni mendatang.

"Bersama dengan para taruna Akademi Angkatan Laut, Sekolah Tinggi Perikanan dan Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, 20 siswa SMK Kelautan dan Perikanan itu akan ikut berlayar ke Milan," ujar Direktur Pembinaan SMK, Mustaghfirin Amin, Selasa (3/3).

Ia menyebutkan, perjalan berlayar ke Milan itu akan menggunakan Kapal Perang TNI-AL, KRI Bankarmasin 592. Hal itu dilakukan, lanjut ia, dalam rangka memberikan kemudian kegiatan praktek berlayar bagi para siswa SMK Kelautan dan Perikanan itu.

20 siswa itu akan dipilih oleh Kemendikbud dan Kemaritiman melalui proses seleksi. Mengingat, pelayaran ke Milan itu sangat jauh dan memerlukan waktu yang tidak sebentar di atas kapal.

Oleh karenanya, siswa harus memilki kesiapan yang matang untuk melakukan pelayaran ke Italia, baik kesiapan fisik maupun teknik kemampuan yang dimiliki.

"Selain perjalanan ke Milan itu, Siswa SMK Kelautan dan Perikanan juga akan dilibatkan dalam kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya 2015, yang mengerahkan 88 Kapal ke wilayah Timur Indonesia," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement