Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Sunday, 20 Rabiul Awwal 1441 / 17 November 2019

Mendikbud: Jangan Memandang Manusia Hanya Sebagai Alat Produksi

Selasa 18 Nov 2014 20:47 WIB

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Djibril Muhammad

Anies Baswedan

Anies Baswedan

Foto: ROL/Casilda Amilah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengatakan, ia tidak nyaman dengan istilah Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab ketika disebutkan kata SDM maka manusia hanya dipandang sebagai salah satu alat produksi.

"Lebih baik menggunakan kata pengembangan manusia. Sebab manusia tidak boleh hanya dipandang sebagai alat produksi," kata Anies, Selasa, (18/11).

Pendidikan jangan hanya dipandang sebagai alat untuk mempersiapkan anak menuju proses produksi. Di mana produksi selalu bicara optimisasi.

Perlu diluruskan kalau manusia itu bukan hanya alat produksi. Makanya sekarang laporan pembangunan tidak memakai istilah SDM tapi menggunakan istilah indeks perkembangan manusia.

Pendidikan, terang Anies, memainkan peran yang sangat penting dalam melakukan proyeksi perjalanan bangsa ke depan.

Indonesia perlu arah pembangunan nasional yang sesuai dengan arah perkembangan zaman. Pendidikan harus bisa mengantarkan anak-anak ke masa depan yang lebih baik.

"Sangat membahagiakan jika anak didik menengok ke belakang dan mengucapkan terima kasih karena diberi bekal oleh gurunya karena ia memiliki masa depan yang lebih baik," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA