Selasa 23 Sep 2014 13:06 WIB

Apakah 4x6 Sama dengan 6x4? Ini Jawaban Profesor LAPAN

Mahasiswa Undip, M Erfas Maulana mengunggah foto yang berisi tugas adiknya yang menjad perbincangan di media sosial
Foto: foto unggahan dari M Erfas Maulana
Mahasiswa Undip, M Erfas Maulana mengunggah foto yang berisi tugas adiknya yang menjad perbincangan di media sosial

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Di media sosial sedang ramai diperbincangkan terkait unggahan seorang mahasiswa Universitas Diponegoro, M Erfas Maulana tentang tugas adiknya mengenai operasi perkalian apakah 4x6 sama dengan 6x4. Profesor Riset Astronomi Astrofisika di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin pun ikut 'nimbrung' memberikan ceramahnya soal operasi perkalian tersebut.

"Samakah 4 x 6 dan 6 x 4? Hasilnya sama, 24, tetapi logikanya berbeda. Itu adalah model matematis yang kasusnya berbeda. Konsekuensinya bisa berbeda juga," kata Thomas Djamaluddin dalam akun Facebook miliknya, Selasa (23/9).

Thomas menyontohkan ada dua orang bernama Ahmad dan Ali yang harus memindahkan batu bata yang jumlahnya sama yaitu 24 buah. Karena Ahmad lebih kuat sehingga ia membawa 6 bata sekaligus sebanyak 4 kali. Maka secara matematis ditulis 4x6.

Akan tetapi Ali yang badannya lebih kecil hanya mampu membawa 4 bata sebanyak 6 kali sehingga model matematisnya menjadi 6x4. Jadi menurutnya 4+4+4+4+4+4 = 6x4 berbeda konsepnya dengan 6+6+6+6 = 4x6, meski hasilnya sama-sama sebesar 24.

Ia menjelaskan matematika itu mengajarkan logika bukan sekedar ilmu berhitung. Ia menilai banyak orang ingin jalan pintas, yang penting tahu hasilnya. Itulah yang ia sebut menjadikan generasi "kalkulator", yang malas menjadikan logika matematika untuk memudahkan kehidupan. Dengan kemampuan berlogika, suatu kasus bisa dimodelkan dengan rumusan matematis, sehingga mudah dipecahkan.

"Ayolah Bapak, Ibu, Kakak, dan Adik, belajar matematika yang asik dengan soal-soal cerita. Soal cerita sering dianggap susah karena tidak menggunakan logika dan jarang diajarkan membuat model matematikanya," tegasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement