Senin 14 Apr 2014 11:14 WIB

Awasi Pelaksanaan UN, SMA di Purwokerto Gunakan CCTV

Suasana Ujian Nasional
Foto: Dok Republika
Suasana Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Panitia ujian nasional (UN) Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, memasang kamera pengintai (closed circuit television-CCTV) untuk memantau pelaksanaan ujian di sekolah itu. "Insya Allah, pemasangan CCTV ini efektif sekali untuk pemantauan," kata Kepala SMAN 2 Purwokerto, Tohar, di Purwokerto, Senin (14/4).

Menurut dia, pemasangan 19 CCTV di seluruh ruang ujian itu telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir. Bahkan, kata dia, pihaknya belum pernah menemukan adanya kecurangan dalam pelaksanaan ujian di sekolah itu. "Saat UN tahun lalu, tidak ditemukan adanya kecurangan dan alhamdulillah kelulusannya juga baik. Bahkan, anak-anak kami yang program studi IPA menjadi yang terbaik untuk Kabupaten Banyumas," katanya.

Lebih lanjut, Tohar mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan pembekalan bagi 310 siswa sebagai persiapan untuk menghadapi UN. Dalam hal ini, kata dia, siswa telah diberi pengarahan untuk mengerjakan soal dengan baik dan jujur karena ujian nasional merupakan bagian dari proses menuju cita-cita yang mulia.

Dengan demikian, lanjut dia, cita-cita tersebut harus diraih melalui cara-cara yang baik. "Insya Allah, anak-anak sudah berkomitmen akan bekerja dengan jujur, tidak terpengaruh isu-isu. Bahkan, tidak akan bekerja sama dengan yang lain," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement