Ahad 13 Apr 2014 19:48 WIB

94.120 Siswa di Sumsel Ikut Ujian Nasional

Rep: Maspril Aries/ Red: Joko Sadewo
Persiapan ujian nasional (ilustrasi)
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Persiapan ujian nasional (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Pada pelaksanaan  ujian nasional (UN) 2014 di Sumatra Selatan (Sumsel) akan diikuti  94.120 siswa SMA/ SMK dan MAN. Mereka akan menjalani ujian nasional sejak 14 – 16 April 2014.

“Pada ujian nasional 2013 lalu tingkat kelulusan siswa SMA dan sederajat mencapai 99,85 persen, atau hanya 0,15 persen saja siswa tidak lulus. Angka tersebut meningkat dibanding tahun 2012 lalu dimana tingkat kelulusan hanya 99,70 persen,” kata Widodo, Ahad (13/4).

Untuk target pada UN 2014 menurut Widodo, target kelulusan tahun ini harus dilihat dari kualitas siswa itu sendiri. “Kita mengharapkan semua siswa bisa lulus, namun dengan catatan. Siswa harus lulus dengan kualitas. Percuma jika lulus saja namun kualitasnya tidak sesuai,” ujarnya.

Menjelang pelaksanaan UN, Widodo mengingatkan agar siswa tidak terpancing oleh isu kebocoran soal atau lembar jawaban karena ini hampir setiap tahun ada informasi jual beli soal atau kunci jawaban ujian nasional.

“Tidak mungkin bocor, naskah soal masih tertutup rapat di dalam kotak kardus dan segelnya pun tidak rusak. Paket soal UN ada banyak. Jadi jangan percaya jika ada oknum yang tidak bertanggung jawab menawarkan kunci jawaban,” imbau Widodo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement