Jumat 15 Nov 2013 13:50 WIB

Memahami Pertamina dari Kacamata Pelajar

Pelatihan Republika Online Journalism Class yang diikuti pelajar SMA dan SMK Negeri Se-Jakarta Selatan di Aula SMKN 6 Jakarta Selatan, Selasa (12/11). (Republika/Amin Madani)
Pelatihan Republika Online Journalism Class yang diikuti pelajar SMA dan SMK Negeri Se-Jakarta Selatan di Aula SMKN 6 Jakarta Selatan, Selasa (12/11). (Republika/Amin Madani)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekitar 100 siswa dari sekolah menengah atas/kejuruan se-Jakarta Selatan mengikuti pelatihan jurnalistik yang diadakan oleh tim Republika Online (ROL).

Bertempat di SMKN 6 Jakarta Selatan, Selasa  (12/11), acara berlangsung seharian penuh. Acara dilaksanakan oleh tim ROL yang dipandu Irwan Ariefyanto (Kepala ROL), Amin Madani (Redaktur Foto) dan Mansyur Faqih (Redaktur ROL).

Acara dibuka dengan presentasi dari Pertamina oleh Public Relation Pertamina Jakarta, Krisanti Toara Putri Gondokusumo.

Saat presentasi, siswa-siswa terpukau dengan penjelasan Krisanti soal perkembangan Pertamina dan pengelolaan sumber daya mineral di Indonesia.

"Saya tak menyangka, ternyata tugas Pertamina ini lebih berat dalam pengelolaan sumber daya alam. Saya bangga juga Pertamina tak kalah dengan perusahaan-perusahan asing yang mengelola minyak dan gas," ujar Andi Syailendra, salah satu siswa yang ikut dalam pelatihan.

Krisanti dalam pemaparannya menjelaskan bagaimana soal perkembangan Pertamina dari tahun ke tahun.

"Ini sesuatu yang baru, kami mengerti apa tugas Pertamina sekarang. Cara pemaparan pembicara benar-benar menggunakan bahasa anak muda," kata Andi yang mengaku senang dengan acara pelatihan seperti ini.

Setelah pemaparan kinerja Pertamina, para siswa mulai mendapat pelajaran mengenai teknik menulis dan pengenalan dunia jurnalistik secara umum. Irwan Ariefyanto yang akrab dipanggil Kang One, menjelaskan soal perkembangan dunia jurnalistik yang sekarang cenderung mulai merambah dunia digital.

Kang One juga menjelaskan manfaat mempelajari jurnalistik yang kemudian dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari para siswa di sekolah.

Acara semakin menarik, setelah ada sesi wawancara. Dua model pewawancara berpura-pura menjadi Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan vokalis Noah, Ariel. Para siswa kemudian mencoba menjadi wartawan, kemudian ditugaskan mewawancarai kedua nara sumber tersebut.

Acara ini berlangsung atas kerjasama Republika Online dengan Pertamina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement