Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

Wednesday, 21 Zulqaidah 1440 / 24 July 2019

PPBD Yogyakarta: Calon Bisa Memilih Tiga SMA atau Dua SMK

Senin 01 Jul 2013 13:19 WIB

Rep: yuliangsih/ Red: Taufik Rachman

Penerimaan siswa baru (ilustrasi)

Penerimaan siswa baru (ilustrasi)

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID,Ketua Panitia PPDB 2013 Kota Yogyakarta, Samiyo mengatakan, PPDB //real time online// (RTO) tingkat SMA/SMk di Yogyakarta resmi dibuka Senin (1/7) hari ini hingga Rabu Rabu (3/7).

Tahun ini calon siswa baru SMA mendapat tiga pilihan sekolah, sementara untuk SMK, calon siswa baru dapat memilih dua sekolah, dan masing-masing dua program kejuruan.

"Artinya total untuk SMK bisa memilih empat pilihan di jurusan, kalau pilihan sekolahnya dua. Sementara untuk SMA bisa memilih sampai tiga pilihan," ujarnya.

Salah satu syarat untuk mengikuti PPBD Yogyakarta adalah menunjukkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) asli, baik untuk siswa di Yogyakarta maupun luar Yogyakarta.

Syarat PPDB tingkat SMA/SMK tersebut dinilai memberatkan calon siswa.  Mereka memprotes syarat membawa Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) asli yang diterapkan Dinas Pendidikan setempat pada PPDB tahun ini.

"SKHUN untuk luar DIY belum keluar itu memberatkan," ujar Slamet Riyadi salah seorang orang tua siswa asal Kalimantan.

Hal senada juga diungkapkan, Agus, orang tua siswa dari Palembang. Menurutnya, syarat SKHUN asli tersebut sangat memberatkan calon siswa luar DIY. Karena itu kata dia, pihaknya meminta Pemkot setempat memberikan kebijakan tersendiri pada calon siswa luar DIY."Kami hanya meminta kebijakan dari sini. Jika anak kami diterima, dan SKHUN sudah keluar, pasti kami serahkan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA