Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Mendikbud Sosialisasikan Kurikulum 2013 ke Guru Perbatasan

Sabtu 09 Mar 2013 23:08 WIB

Red: Taufik Rachman

Mendikbud  Mohammad Nuh

Mendikbud Mohammad Nuh

Foto: Republika/ Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID,SAMBAS--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh menyosialisasikan Kurikulum 2013 kepada ratusan guru di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, termasuk yang bertugas di perbatasan.

Menurut M Nuh di Sambas, Sabtu, Kurikulum 2013 merupakan hasil dari evaluasi kurikulum-kurikulum sebelumnya. "Hasilnya, kita butuh kurikulum yang memanusiakan manusia. Ini yang paling menonjol dari Kurikulum 2013," ujar dia.

Ia melanjutkan, ada tiga hal utama yakni ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. "Yang menonjol dari kurikulum tersebut di antaranya tentang sikap yang harus diperkuat," ujar dia.

Ia mencontohkan pendidikan agama di jenjang SD ditingkatkan dari tiga jam pelajaran menjadi empat jam. "Ada mata pelajaran tentang budi pekerti yang ingin kita masukkan di pelajaran Agama," ujar M Nuh.

Ia menilai, bangsa ini merindukan kesantunan budi pekerti dari para generasi muda. Selain itu, pemerintah berupaya untuk meningkatkan dan membangkitkan kreatifitas anak melalui Kurikulum Tahun 2013.
Ia menjelaskan, kreativitas dapat dibangun dan direkayasa. "Dua pertiga dari kreativitas bisa dibangun dari dunia pendidikan," katanya.

Ia menyadari banyak pihak yang belum menerima Kurikulum 2013. Namun, baginya hal itu menunjukkan bahwa banyak yang peduli dengan dunia pendidikan di Indonesia.

sumber : antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA