Selasa 20 Nov 2012 15:14 WIB

Mendikbud Targetkan Gelar PAUD untuk Anak Kurang Mampu

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Karta Raharja Ucu
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Mohammad Nuh menargetkan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi anak dengan kondisi ekonomi menegah ke bawah yang bakal digelar di masjid-masjid.

Sebab, anak-anak dalam kategori inilah yang membutuhkan bantuan pendidikan lebih dari pemerintah. "Kalau anak-anak dari keluarga menengah ke atas kan mereka bisa memilih sekolah yang mereka mau," ujar Nuh, di Kantor Kemendikbud, Selasa (20/11).

Nuh menyebut program PAUD masjid akan dimulai pada Juni 2013. Pembicaraan kerjasama oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) ini sudah dilakukan sejak tiga bulan lalu. Nuh mengapresiasi adanya keinginan DMI untuk memajukan pendidikan Indonesia.

Menurutnya, pendidikan Indonesia sangatlah kompleks. Soalnya ada variasi, disparitas dan jumlah yang besar di dalamnya. "Jumlah anak didik saja minus PAUD ada 51 juta orang," ucap Nuh.

Untuk itu, dirinya yakin penyelenggaraan program PAUD masjid ini adalah hal mulia bagi dunia pendidikan. "Ini adalah upaya memanusiakan manusia. Meski berat, tetapi kami dengan senang hati melaksanakannya," kata Nuh mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement