Senin 18 Mar 2019 20:19 WIB

UMM Jalin Kerja Sama Pendirian Dua Sekolah Vokasi

UMM mempersiapkan prodi Asian Halal Culinary.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih
Universitas Muhammadiyah Malang
Foto: .
Universitas Muhammadiyah Malang

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kembali melakukan kerjasama dengan sejumlah lembaga. Kali ini kerjasama dilakukan dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama dan Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), Sabtu (16/3).

Kerjasama ini membahas jaminan produk halal, pengembangan kelembagaan serta, sekolah vokasi. Kerjasama ditandatangani langsung Rektor UMM Fauzan dan Kepala BPJH Profesor Sukoso serta Ketua Umun GAPMMI Adhi S. Lukman.

Baca Juga

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2019, jumlah penduduk Indonesia sebanyak 264 juta jiwa. Sementara 222 juta di antaranya merupakan Muslim. "Hal ini menunjukkan kebutuhan pangan dan bahan konsumsi halal di Indonesia juga harus berbanding lurus dengan jumlah angka penduduk muslim tersebut,” kata Kepala BPJH, Profesor Sukoso.

Terkait kerjasama pendirian sekolah vokasi, kehadiran Kepala BPJH untuk mewujudkan didirikannya program studi Asian Halal Culinary. Sementara kerjasama antara UMM dana GAPMI juga dalam rangka pendirian program studi Baking and Pastry. Beberapa sekolah vokasi lainnya akan segera menyusul.

Selain kedua acara ini, sehari sebelumnya, Jumat (15/3) juga digelar Food Quiz Bowl. Pagelaran ini terkait lomba cerdas-cermat berbahasa Inggris mengenai teknologi pangan. Kompetisi yang diselenggarakan dua tahunan ini diikuti oleh berbagai universitas di Indonesia, seperti IPB, ITB, serta universitas terkemuka lainnya.

Pemenang dari Food Quiz Bowl ini akan dikirimkan ke tingkat ASEAN mewakili Indonesia yang kebetulan akan diselenggarakan sekitar akhir 2019 di Bali, Indonesia. Menurut koordinator acara, Damat, Food Quiz Bowl kelima yang diselenggarakan di UMM ini berjalan cukup baik dan lancar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement