Kamis 14 Mar 2019 19:36 WIB

Employer Branding, Strategi PLN Jaring Talenta Terbaik

Employer branding membidik kalangan milenial.

Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali
Foto: Istimewa
Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT PLN (Persero) mengemas program rekrutmen karyawan untuk mendapatkan talenta terbaik dalam Employer Branding, di Airlangga Convention Centre, Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Rabu, (13/3). Employer Branding yang membidik milenial ini menyadari, lebih efektif jika pesan tentang PLN disampaikan oleh para milenial PLN dalam bahasa dan gaya mereka. 

Acara dibuka dengan sambutan Rektor Unair Prof. Dr. Muhammad Nasih, SE. MT. kemudian dilanjutkan dengan paparan berdurasi sekitar 15 menit tentang PLN, terdiri dari presentasi para milenial PLN secara bergantian, konsep audio visual dalam LED screen dan dukungan grafis dalam lumic glass memaparkan konsep inovasi yang menarik.

Sambutan Direktur Human Capital Management PLN, Muhamad Ali dalam tampilan di lumic glass dikemas dalam bahasa milenial, Muhamad Ali memperkenalkan dirinya sebagai Casting Director dalam PLN Casting Program, yang menghimpun talenta terbaik Indonesia, berkarya di panggung nasional dan global bersama PLN.

“Kami memilih istilah casting program dan bukan rekrutmen pegawai, karena PLN selalu menghadirkan Perubahan sesuai kebutuhan zaman,” kata dia dalam siaran persnya, Kamis (14/3).

Di era milenial ini, lanjutnya. rekrutmen terdengar konvensional dan berkonotasi sebagai bekerja secara konvensional sebagai kewajiban mendapatkan penghasilan semata. Sedangkan istilah Casting Program mengapresiasi kaum milenial dengan menghadirkan panggung bagi maha karya para milenial, yang mengekspresikan diri secara profesional, fun, up to date dan happy sehingga layak masuk dalam in the spot light di panggung industrial kaum milenial di dalam dan luar negri. 

“Yang menarik pada program ini, PLN menyebut para mahasiswa yang hadir sebagai Sparkling Talent, talenta terbaik Indonesia yang bersinar menyambut persaingan global," jelas Muhamad Ali.

Rektor Universitas AIrlangga (Unair) Muhammad Nasih, mengharapkan, ajang seperti ini dirasa cukup penting, sehingga baik para mahasiswa maupun alumni mengetahui dunia kerja secara lebih konkret dan terstruktur, sehingga dapat mempersiapkan diri lebih baik lagi menyongsong karir ke depan yang cemerlang.

Melalui acara seperti ini para mahasiswa diharapkan mengetahui secara detail dan komprehensif, sehubungan dengan sistem rekrutmen yang menggambarkan sistem benefit and compensation yang ditawarkan oleh PLN, budaya kerja perusahaan, dan jenjang karir di PLN yang cukup menarik, menjadi nilai lebih (value) yang ditawarkan.

"Sistem rekrutmen dengan pola employer branding ini dirasa efektif dalam menjaring potensi-potensi terbaik dari Universitas Airlangga, sehingga akan menghasilkan simbiosis mutualisme, baik bagi Unair dan juga bagi PLN,” kata dia. 

Dalam seminar bertema Future Electricity yang dibawakan Muhamad Ali dan Agung Siswanto, Vice President Expert Development & PLN Group, melengkapi wawasan tentang tantangan dan peluang ke depan yang harus disiapkan oleh talenta di PLN. Tantangan masa depan saat ini membutuhkan sentuhan para SDM milenial yang tergambar dalam semangat energi optismisme. 

"Itu sebabnya kami membutuhkan dukungan mereka bersama dengan para talenta muda milenial PLN dari semua unit se-Indonesia, berkarya dan mendukung berbagai produk inovasi kami," tukasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement