Sabtu 09 Mar 2019 17:48 WIB

Wajah Baru Danau UNS

Upaya mempercantik Danau UNS telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani
Danau Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.
Foto: Republika/Binti sholikah
Danau Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO — Danau Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo memiliki wajah baru. Danau yang terletak di sebelah Fakultas Pertanian UNS tersebut disulap dengan bantuan anggaran dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Peresmian Danau UNS dilakukan oleh Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Hari Suprayogi, Sabtu (9/3). Peresmian tersebut bertepatan dengan peringatan Dies Natalis UNS ke-43.

Upaya mempercantik Danau UNS telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu. Awalnya, danau tersebut seperti tidak terawat. Banyak warga yang memanfaatkan untuk memancing ikan. Kemudian, pimpinan kampus mempercantik danau tersebut dengan membangun gazebo yang dilengkapi fasilitas wifi gratis.

Kini, gazebo tersebut telah dibongkar. Diganti dengan gazebo dua lantai. Tanah di sekitar danau tersebut telah dipaving. Sejumlah kursi dari besi juga dipasang. Selain itu, di sekeliling danau telah ditalut sehingga lebih rapi.

photo
Danau Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Saat hari biasa, banyak mahasiswa memanfaatkan danau tersebut untuk belajar sendiri atau berkelompok. Kemudian setiap akhir pekan, masyarakat umum maupun mahasiswa banyak yang memanfaatkan danau tersebut untuk bersantai atau berolahraga di pinggirnya.

Dalam sambutan di acara peresmian Danau UNS, Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengatakan seluruh dana yang digunakan untuk pembangunan danau tersebut berasal dari Kementerian PUPR. Sehingga, UNS tidak mengeluarkan uang untuk membangun danau tersebut.

"Setelah nanti diserahkan ke UNS, UNS memiliki kewajiban untuk mengelola," kata Ravik.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR yang telah memberikan dana hibah kepada UNS untuk menata danau tersebut. Ravik mengakui, setelah dibangun oleh Kementerian PUPR, danau UNS menjadi lebih bagus. Suasana di danau tersebut juga mendukung para mahasiswa untuk belajar.

"Setelah diresmikan ini semoga keberadaan Danau UNS semakin bermanfaat lagi. Kami siap untuk mengelola danau tersebut," imbuhnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal SDA Kementerian PUPR, Hari Suprayogi berharap danau dengan wajah baru tersebut bisa dimanfaatkan civitas akademika UNS dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. "Semoga keberadaan danau ini bisa dimanfaatkan dengan baik," harapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement