Rabu, 16 Syawwal 1440 / 19 Juni 2019

Rabu, 16 Syawwal 1440 / 19 Juni 2019

UI-BEI Resmikan Labolatorium Saham dan Galeri Investasi

Jumat 08 Mar 2019 10:22 WIB

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Esthi Maharani

Pekerja melintas di depan layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta

Pekerja melintas di depan layar pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta

Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Meski difungsikan sebagai laboratorium, Galeri Investasi juga terbuka untuk umum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Indo Premier Sekuritas meresmikan Laboratorium dan Galeri Investasi BEI sebagai sarana pembelajaran mahasiswa terkait investasi dan pasar modal. Pendirian Laboratorium dan Galeri Investasi BEI ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan pasar modal sejak dini kepada mahasiswa.

Laboratorium Saham dan Galeri Investasi diresmikan langsung oleh Direktur Perdagangan dan Pengaturan BEI Laksono Widito, Direktur PT Indo Premier Sekuritas Alex Widi Kristiono, serta Wakil Direktur  Bidang Sumber Daya, Ventura, Administrasi Umum Vokasi UI Antony Sihombing.

“Saat ini, pendirian Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 yaitu kerjasama BEI, Universitas dan Perusahaan Sekuritas sehingga diharapkan Civitas Akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari teori saja namun dapat mengetahui praktik secara langsung terjadinya proses jual beli saham” ujar Laksono melalui keterangan resmi yang diterima Republika, Jumat (8/3).

Galeri dan laboratorium ini diperuntukkan bagi mahasiswa khususnya dari Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan. Di galeri ini, civitas akademika dapat melakukan transaksi saham berupa reksadana atau lainnya.  Meski difungsikan sebagai laboratorium, Galeri Investasi juga terbuka untuk umum.

“Kami senang semakin banyak industri yang berkomitmen untuk mendukung Vokasi UI melalui dukungan-dukungan fasilitas maupun tenaga ahli, salah satunya adalah BEI. Mahasiswa akan praktik langsung di Galeri ini dan melakukan transaksi secara riil sehingga diharapkan saat mereka lulus, tidak ada lagi gap kompetensi antara lulusan dan kebutuhan industri” ujar Antony. 

Lebih lanjut, Ketua Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Dede Suryanto mengatakan bahwa Galeri Investasi ini sebagai representasi industri yang dapat dimanfaatkan sebagai laboratorium pembelajaran bisnis dan investasi pasar modal oleh semua Prodi di lingkungan Vokasi UI, riset pasar modal dan literasi bagi sivitas akademika dan masyarakat luas. “Bulan pertama merupakan bulan uji coba, kami berharap bulan depan sudah dapat berjalan dengan optimal” ujar Dede.

Vokasi UI menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum 3:2:1 dimana mahasiswa akan belajar teori dan praktik di laboratorium selama 3 semester, 2 semester belajar di industri dan 1 semester magang. Adapun program studi pada Vokasi UI antara lain Administrasi Keuangan dan Perbankan, Adm. Asuransi dan Aktuaria, Adm Perkantoran dan Sekretari, Administrasi Perpajakan, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Pariwisata, Akuntansi, Fisioterapi, Okupasi Terapi dan Perumahsakitan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA