Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

Monday, 14 Syawwal 1440 / 17 June 2019

PT di Yogya Persiapkan Diri Jelang UTBK

Selasa 26 Feb 2019 08:07 WIB

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Esthi Maharani

Ujian SMBPTN

Ujian SMBPTN

Foto: Republika/ Wihdan
persiapan seperti laboratorium dan komputer telah dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) akan dimulai pada 1 Maret 2019. UTBK merupakan syarat untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019. Untuk itu, berbagai persiapan pun dilakukan oleh perguruan tinggi negeri, termasuk yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya Universitas Pembangunan Negeri (UPN) Veteran Yogyakarta.

Kasubag Kerja Sama dan Humas UPN Veteran Yogyakarta, Marcus Kusnardijanto mengatakan, persiapan seperti laboratorium dan komputer telah dilakukan. Tidak hanya di dalam kampus, UPN Veteran Yogyakarta juga bekerja sama dengan enam sekolah lainnya dalam pelaksanaan UTBK ini.

"UTBK kita sudah gandeng enam mitra (sekolah). SMKN 1 Depok, SMK Angkasa, SMK 5, SMK 6 dan Muha yang akan kita pakai. UPN juga kita pakai. Laboratorium, komputer kapasitas keseluruhan 800-an," kata Marcus saat dihubungi, Senin (26/2).

Terkait kondisi yang tidak dapat diperkirakan saat penyelenggaraan UTBK, pihaknya pun sudah melakukan antisipasi. Mulai dari menyiapkan koneksi internet yang memadai hingga antisipasi jika listrik padam saat UTBK berlangsung.

"Apakah server masing-masing sekolah bagus atau tidak, tingkat human error masing-masing sekolah kita juga tidak tahu. Terpenting kemarin sudah kita antisipasi genset  di masing-masing sekolah," ujarnya.

Tidak hanya itu, sosialisasi terkait penyelenggaraan UTBK ini juga dilakukan ke berbagai sekolah. Diharapkan, penyelenggaraannya nanti dapat berjalan lancar.

"UPN sudah siap sejauh ini. Minggu depan kita jadwalkan akan ada workshop dengan teknisi masing-masing sekolah," katanya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA