Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

Wednesday, 16 Syawwal 1440 / 19 June 2019

UGM Tuan Rumah Sekolah Musim Semi PARE

Senin 18 Feb 2019 01:01 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Gita Amanda

Para peserta PARE Spring School usai mengikuti pembukaan di  University Club UGM, Jumat (15/2).

Para peserta PARE Spring School usai mengikuti pembukaan di University Club UGM, Jumat (15/2).

Foto: Dok UGM
PARE Spring School sendiri merupakan sebuah program pendidikan yang didanai Jepang.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Puluhan mahasiswa asing mengikuti program Population-Activities-Resources-Environment (PARE) Spring School 2019. Gelaran ini akan berlangsung pada 15-25 Februari 2019 di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Baca Juga

Kegiatan diikuti 29 mahasiswa asing dari lima perguruan tinggi di Jepang, Thailand dan Indonesia. Ada dari Hokkaido University, Kasetsart University, SIIT-THammasat University, Institut Teknologi Bandung (ITB) dan UGM.

Selama 11 hari, mereka akan mengikuti lokakarya untuk belajar dan berdiskusi tentang isu-isu krusial seperti lingkungan, sumber daya dan populasi. Rektor UGM, Panut Mulyono, mengaku bangga UGM dipercaya sebagai tuan rumah.

"Berharap melalui kegiatan ini para mahasiswa dapat bertukar ide dan gagasan, serta menemukan solusi untuk penyelesaian berbagai persoalan yang ada, terutama terkait lingkungan," kata Panut, Jumat (15/2).

PARE Spring School sendiri merupakan sebuah program pendidikan yang didanai Kementerian Pendidikan Jepang. Pelaksanaannya dilakukan Hokkaido University bekerja sama dengan enam perguruan tinggi ASEAN.

Dalam kegiatan itu, para mahasiswa akan mengikuti kuliah umum yang diisi para pakar. Ada yang dari Hokkaido University, ITB, UGM, Chulalongkorn University dan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG).

Selain itu, para peserta akan diajak untuk mengunjungi Goa Bribin di Kabupaten Gunungkidul. Mereka akan secara langsung melihat proyek-proyek pengangkatan air yang ada dari sungai bawah tanah.

Mereka akan pula melakukan kunjungan ke petani-petani Kecamatan Berbah di Kabupaten Sleman, Hutan Mangrove di Kabupaten Kulonprogo. Selain itu, ke Tamansari Kota Yogyakarta dan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA