Ahad 25 Aug 2019 14:17 WIB

Unisba Masuk Peringkat 15 PTS Terbaik

Alumni Unisba akan tampil menggenggam kemajuan dunia.

Rep: Arie Lukihardianti / Red: Agus Yulianto
Pembacaan Janji wisudawan Unisba.
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pembacaan Janji wisudawan Unisba.

REPUBLIKA.CO.ID,

BANDUNG - - Unisba saat ini telah mencapai puncak yang tinggi. Dilansir dalam rilis Kemenristekdikti 16 Agustus 2019 menyebutkan, bahwa Unisba berada pada ranking 44 tingkat nasional  dan masuk peringkat 15 perguruan tinggi swasta terbaik dari seluruh Indonesia.  Bahkan, Unisba juga berada pada peringkat ketiga PTS se-Jawa Barat dan Banten.

“Alhamdulillah Unisba berada pada peringkat 44 secara Nasional karena tahun lalu kita berada di peringkat 71. Unisba juga berada pada posisi 10 besar Universitas dari 31 universitas yang sudah terakreditasi Internasional," ujar Edi disela-sela pelantikan mahasiswa, Sabtu (24/5).

Oleh karena itu, menurut Edi, semu harus menjaga dan terus mengembangkan keberadaan Unisba. Agar, dapat membanggakan masyarakat.

Edi mengatakan, betapa banyak kenikmatan yang telah Allah SWT berikan kepada para lulusan. Oleh karena itu, ia berpesan agar semua mahasiswa Unisba senantiasa selalu bersyukur atas berbagai kenikmatan yang telah diperoleh.

"Hal ini, sebagaimana tercantum dalam Surat Ibrahim ayat tujuh yang berbunyi, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih," katanya.

Menurut Edi, dunia industri kini telah memasuki era revolusi 4.0, dimana berbagai macam kebutuhan manusia telah banyak menerapkan dukungan internet dan sistem robotisasi. Di era disrupsi teknologi, dunia industri akan mulai meminimalisir Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga peluang-peluang pekerjaan yang sebelumnya ada akan hilang.

Namun, kata dia, Edi meyakini jika karakterisik mujahid, mujtahid dan mujaddid dihayati dengan baik oleh lulusan Unisba, maka apapun tantangan yang dihadapi alumni tidak akan menjadi masalah. Menurutnya, alumni Unisba akan tampil menggenggam kemajuan dunia dengan kompetensi dan akhlak baik yang dimiliki.

Selain itu, Edi berpesan, agar para wisudawan dapat memperlakukan kedua orang tua dengan baik atas jasa yang telah diberikan terutama kepada ibu. “Jangan sekali-kali membuat orang tua menangis, karena ridha orang tua adalah pangkal kesuksesan hidup saudara. Doa ibu pasti dikabulkan Allah tetapi murka ibu adalah murka Allah juga,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 1.359 orang sarjana, magister, dan doktor dilantik Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba), Edi Setiadi, di Aula Utama Unisba, Sabtu dan Ahad (24-25/08). 

Pelantikan Sarjana dilakukan tiga sesi. Dua sesi dilaksanakan pada hari Sabtu, yakni Pukul 07.30 – 11.00 WIB dilantik lulusan Fakultas Syariah, Dakwah, Tarbiyah dan Keguruan, Hukum, dan Pascasarjana. Kemudian siang hari,  pukul 13.00 – 15.30 WIB dilangsungkan pelantikan lulusan Fakultas Psikologi, Kedokteran, dan Ilmu Komunikasi. Sementara pada Ahad, berlangsung pelantikan Pukul 07.30 – 11.00 WIB untuk lulusan Mipa, Teknik, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement