Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Jurnal HAYATI IPB Masuk Q2 SJR

Senin 03 Jun 2019 15:01 WIB

Red: Irwan Kelana

Logo IPB

Logo IPB

HAYATI jadi yang pertama dan satu-satunya jurnal ilmiah nasional yang masuk Q2 SJR.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- HAYATI Journal of Biosciences (HAYATI J Biosci) yang dikelola oleh Perhimpunan Biologi Indonesia, Departemen Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor (FMIPA IPB) berhasil menjadi yang pertama dan satu-satunya jurnal ilmiah nasional yang masuk dalam kategori quartil 2 (Q2) dalam Scimago Journal Country and Rank (SJR) untuk bidang Agricultural and Biological Sciences. 

Hal ini dilansir di laman scimagojr.com, SJR adalah portal yang mencakup jurnal-jurnal dan indikator ilmiah negara yang dikembangkan dari informasi yang terkandung dalam database Scopus (Elsevier B.V.). Indikator yang digunakan SJR dapat digunakan untuk menilai dan menganalisis bidang ilmiah. Indikator ini menunjukkan visibilitas dari jurnal-jurnal yang terdapat dalam database Scopus dari tahun 1996. H-Index Jurnal Hayati dalam Scopus saat ini adalah 11, dengan nilai SJR yang meningkat dari sebelumnya 0.196 menjadi  0.31 dan jumlah sitasinya meningkat dua kali lipat. 

Siaran pers IPB yang diterima Republika.co.id, Senin (3/6) menyebutkan, sejak terbit tahun 1994, HAYATI J Biosci menjadi salah satu jurnal ilmiah nasional yang selalu terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Pada tahun 2007, HAYATI J Biosci dengan program internasionalisasinya melakukan penerbitan online dengan menggunakan Open Journal System (OJS) di laman http://journal.ipb.ac.id/index.php/hayati

Sejak 5 Agustus 2015 laman jurnal ilmiah HAYATI J Biosci resmi online di laman Elsevier menjadi jurnal pertama dan satu-satunya yang diterbitkan secara online oleh penerbit terkemuka Elsevier. Jurnal IPB ini telah dicantumkan di halaman Elsevier.com dan portal artikel ilmiah Science Direct milik Elsevier (http://www.journals.elsevier.com/hayati-journal-of-biosciences).

Berkat kerja sama ini, pengelola, penelaah, penulis, dan pembaca HAYATI J Biosci dapat menggunakan berbagai fasilitas yang disediakan oleh Elsevier seperti portal artikel ilmiah Science Direct, sistem pengelolaan naskah online EES/EVISE, keanggotaan di Committee on Publication Ethics (COPE). Kemudian, penggunaan piranti lunak anti plagiarismei-Thenticate, pengarsipan jangka panjang di berbagai lembaga arsip internasional, dan optimalisasi pada mesin pencari Google.

Sampai saat ini HAYATI J Biosci telah terindeks dalam SCOPUS, ASEAN Citation Index, DOAJ, SINTA, National Library of Medicine Catalog, Crossref, ROAD, CABI, EBSCO, Publons, Scilit, Agricola, ProQuest dan sebagainya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA