Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

IPB Jadi PTN Paling Informatif Versi KIP

Selasa 06 Nov 2018 23:20 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB)

Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB)

Foto: antara
Penghargaan tersebut bisa menjadi penyemangat untuk IPB.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Institut Pertanian Bogor (IPB) menerima penghargaan Keterbukaan Informasi Badan Publik 2018 sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang paling informatif. Penganugerahan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla kepada Rektor IPB Arif Satria.

Arif Satria bersyukur karena dengan adanya penghargaan tersebut, IPB menjadi satu-satunya PTN yang ada di klaster informatif, atau dinilai yang paling informatif dengan perolehan nilai 92,14. Ia juga menilai, prestasi tersebut bisa menjadi penyemangat bagi setiap elemen di IPB untuk dapat terus mewujudkan Good University Governance.

"Kami bersyukur karena IPB bisa menjadi PTN yang paling informatif. Semoga hadirnya prestasi ini dapat memberi semangat bagi kita semua untuk terus mewujudkan Good University Governance," ujarnya dalam keterangan yang dirilis Biro Komunikasi IPB, Senin (5/11).

Komisi Informasi Pusat (KIP) memberikan penilaian akhir dengan kualifikasi Badan Publik sebagai berikut:

1. Paling Informatif dengan nilai antara 90-100.
2. Menuju Informatif dengan nilai 80-89,9.
3. Cukup Informatif dengan nilai 60-79,9.
4. Kurang Informatif dengan nilai antara 40-39,9.
5. Tidak Informatif dengan nilai kurang dari 39,9.

KIP memberikan kualifikasi penilaian tersebut antara lain meliputi Badan Publik (termasuk PTN), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Lembaga non-struktural, Lembaga Negara Lembaga Pemerintah non-kementerian, Pemerintah Provinsi, Kementerian, dan Partai Politik.

Sementara itu Ketua KIP Gede Narayana menyatakan, sebanyak 460 Badan Publik pada 2018 telah dimonitoring dan dievaluasi layanan informasinya oleh KIP. Monitoring dan evaluasi dilakukan dengan dua indikator, yaitu pengembangan website dan pengumuman informasi publik.

Menurutnya, pemberian penghargaan kepada Badan Publik dengan kualifikasi Paling Informatif, Menuju Informatif, Cukup Informatif, Kurang Informatif, dan Tidak Informatif sesuai dengan Keputusan KIP nomor 6/KEP/KIP/X/2018.

Dalam kategori PTN paling informatif, hanya IPB yang menjadi satu-satunya PTN yang meraih penghargaan tersebut. Sedangkan kategori PTN Menuju Informatif diraih oleh Universitas Tanjung Pura, Universitas Indonesia, Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Padang, dan Institut Teknologi Bandung. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA