Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Anwar Ibrahim Raih Gelar Doktor Kehormatan dari UNP

Senin 29 Oct 2018 15:16 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani

Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato' Seri Anwar Ibrahim menghadiri Rapat Senat Terbuka, Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Dr. Honoris Causa), di kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Senin (29/10/2018).

Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato' Seri Anwar Ibrahim menghadiri Rapat Senat Terbuka, Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Dr. Honoris Causa), di kampus Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat, Senin (29/10/2018).

Foto: Antara/Iggoy el Fitra
Anwar Ibrahim merupakan tokoh kedua setelah Megawati yang dapat gelar doktor HC

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Tokoh nasional Malaysia, Dato' Seri Anwar Ibrahim, dianugerahi gelar doktor kehormatan (Honoris Causa/HC) dari Universitas Negeri Padang (UNP) di Sumatra Barat. Anwar Ibrahim merupakan tokoh kedua dalam dua tahun terakhir yang mendapat gelar doktor HC dari UNP, setelah Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri pada September 2017 lalu.

Ada sejumlah alasan yang membuat salah satu kampus terbesar di Sumatra Barat itu memberikan gelar doktor kehormatan kepada mantan pemimpin oposisi Malaysia tersebut. Rektor UNP Ganefri mengungkapkan, pemberian gelar doktor kehormatan kepada Anwar Ibrahim berlatarkan sepak terjangnya dalam kancah politik Malaysia.

Sebagai tokoh reformasi di Negeri Jiran, Anwar sempat keluar masuk penjara sebelum akhirnya memenangkan pemilu dan kini terpilih sebagai anggota parlemen Malaysia. Anwar juga digadang-gadang bakal meneruskan perjuangan Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri.

"Dato' Seri Anwar merupakan pengagum orang Minangkabau. Kami sempat mengikuti jejak dan mempelajari profil beliau. Dan kami semuat tersentak dan menitikkan air mata," jelas Ganefri dalam sesi penyerahan gelar doktor HC di Auditorium UNP, Senin (29/10).

photo
Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia, Dato' Seri Anwar Ibrahim (kedua kanan) mengikuti Rapat Senat Terbuka, Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan (Dr. Honoris Causa), di kampus Universitas Negeri Padang (UNP) Padang, Sumatera Barat, Senin (29/10/2018).



Pihak kampus memandang bahwa pengalaman hidup Anwar Ibrahim bisa dijadikan pembelajaran dan teladan bagi generasi muda untuk berpolitik. Jatuh bangun karir Anwar juga diyakini memberikan inspirasi bagi politisi di Malaysia dan Indonesia untuk tetap mementingkan kepentingan rakyat.

"Yang dengan penuh perjuangannya, saat ini telah berhasil memenangkan partainya memerintah negara Malaysia," kata Ganefri.

Sementara itu Anwar Ibrahim menyampaikan apresiasinya kepada pihak kampus yang mempercayakan gelar doktor kehormatan kepada dirinya. Anwar mengaku ada alasan khusus mengapa akhirnya dirinya mau menerima gelar tersebut. Salah satunya adalah kedekatan emosional antara dirinya dengan orang Minang.

Anwar sendiri baru saja memenangkan pemilu sela di wilayah Port Dickson, Negeri Sembilan, Malaysia. Negara Bagian Negeri memang dikenal dengan populasi penduduk keturunan Minangkabau yang cukup banyak. Anwar juga mengaku bahwa dirinya banyak mengagumi pahlawan asal Sumatra Barat, seperti Bung Hatta, M Yamin, hingga Sutan Syahrir.

"Banyak yang bilang kalau tak sedikit orang Minang dukung saya," kata Anwar.

Anwar juga mengaku terkesima dengan keramahan orang Minangkabau. Meski kunjungan ke Kota Padang kali ini adalah yang pertama kali baginya, namun Anwar mengaku justri kunjungan ini paling berkesan.

"Saya ucapkan sekali lagi terimakasih. Seluruh profesor, pendadah yang berikan penghormatan," jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA