Senin 24 Sep 2018 16:23 WIB

UMM Beri Pelatihan Budi Daya Lele Sistem Biona

Masyarakat muda Indonesia juga mulai kurang berminat pada sektor perikanan.

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Yusuf Assidiq
Pelatihan budi daya ikan lele sistem bio natural di UMM.
Foto: Dokumen.
Pelatihan budi daya ikan lele sistem bio natural di UMM.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melalui Fishedupark Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian dan Peternakan (FPP) berupaya memberikan sumbangsih dan kontribusi kepada masyarakat yang ingin belajar dalam dunia perikanan. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan budi daya ikan lele sistem bio natural (Biona) dan akuaponik.

Kegiatan bertema 'The Real Urban Farming' itu berlangsung di Laboratorium Perikanan UMM. Dosen Perikanan UMM, Ganjar Adhy Wirawan, mengatakan peserta mendapat edukasi dan bukti  mengenai konsep real urban farming yang berisi cara budi daya lele sistem biona.

Kemudian juga pembenihan lele berdasarkan standar Cara Pembenihan Ikan Yang Baik (CPIB) dan juga praktik persiapan media air serta akuaponik. Menurut Ganjar, konsep urban farming perlu disosialisasikan dan diaplikasikan saat ini.

Sebab, masyarakat sudah mulai mengalami pergeseran produktivitas di era milenial kini. Apalagi masyarakat muda Indonesia juga sudah mulai kurang berminat pada sektor perikanan. "Padahal di negara lain, hal ini justru sedang mengalami peningkatan," ujar Ganjar.

Saat ini, dia melanjutkan, pemanfaatan lahan-lahan terbatas di perkotaan juga menjadi alasan berkurangnya minat perikanan. Untuk itu, masyarakat dituntut kreatif dan maksimal dalam memanfaatkan lahan sempit serta air yang terbatas agar dapat diolah dengan baik. 

Dari masalah ini, konsep urban farming dianggap menjadi salah satu jawaban tepat. Pada kesempatan sama, peserta pelatihan, Fadhilah Purna Agustin, mengaku merasa sangat tertarik dan terinspirasi dengan adanya kegiatan ini.

Hal ini utamanya dalam strategi pemanfaatan lahan yang tersedia. "Saya sangat tertarik dengan sistem Biona dan akuatik ini, karena saya ingin memanfaatkan kolam yang saya punya."

Selain itu, dengan adanya kegiatan ini, ia menjadi kian paham mengenai sistem budi daya produk perikanan, manajemen pakan, dan edukasi-edukasi lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement