Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Amikom Yogyakarta Raih Pembiayaan Erasmus+

Ahad 23 Sep 2018 15:49 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

 Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Suyanto, bersama dua dosen yang akan dikirim ke Murcia Universidad.

Rektor Universitas Amikom Yogyakarta, Suyanto, bersama dua dosen yang akan dikirim ke Murcia Universidad.

Foto: Dokumen.
Pada 2018/2019, Erasmus+ Mobility dikoordinasi Universitas Murcia.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kerja sama Universitas Amikom Yogyakarta dengan Murcia Universidad Spanyol baru-baru ini telah membuahkan hasil nyata. Hal itu dibuktikan dengan diberikannya pembiayaan Erasmus+ kepada Universitas Amikom Yogyakarta.

Pembiayaan diberikan kepada dosen-dosen, staf-staf, dan mahasiswa-mahasiswa Amikom. Pembiayaan diberikan melalui program Erasmus+ International Mobility pada tahun akademik 2018/2019.

Kegiatan itu sendiri berawal dari undangan Erasmus+ kepada Universitas Amikom Yogyakarta untuk mendaftarkan satu orang staf administrasi. Undangan itu untuk staf mengikuti the Erasmus Staff Week.

Erasmus Staff Week diselenggarakan di Murcia Universidad pada Juni 2018 lalu, dan Universitas Amikom Yogyakarta diwakili Dendy Suseno. Pada Februari 2018, Erasmus+ turut memberikan tawaran lain.

Tawaran itu agar Universitas Amikom Yogyakarta berperan dalam Erasmus+ Teaching Mobility Program bagi dosen. Mereka turut menawarkan Erasmus+ International Credit Mobility Programme (Erasmus+ ICM) untuk mahasiswa.

Pada 2018/2019, Erasmus+ Mobility dikoordinasi Universitas Murcia. Diikuti perguruan tinggi dari Angola, Aljazair, Armenia, Azerbaijan, Cina, Kosta Rika, Indonesia, Jepang, Maroko, Taiwan, Thailand, Tunisia, AS, Ukraina, dan Vietnam.

Dari Indonesia, ada tiga perguruan tinggi yang diundang. Universitas Amikom Yogyakarta, Universitas Muhammadiyah Malang, dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Pendaftaran dilakukan pada pertengahan Maret 2018.

Setelah melalui seleksi, akhirnya dari Amikom mendapat kesempatan mengirimkan dua dosen dan dua mahasiswa S2 ke Murcia. Dari sana, akan ada dua staf dan satu dosen Murcia yang mengikuti kegiatan di Amikom.

Hasil seleksi direncanakan April 2018. Setelah pengumuan, dosen dan mahasiswa berkoordinasi dengan profesor di Murcia yang bertanggung jawab. Semua kegiatan dibiayai Erasmus+.

"Untuk Teaching Mobility Program, dari Universitas Amikom Yogyakarta disetujui untuk mengirimkan dua dosen yaitu Direktur Pascasarjana, Kusrini dan dosen S1 Prodi TI, Rizky," kata Kepala Humas Amikom, Erik Hadi Saputra, Sabtu (22/9).

Masing-masing dosen akan mendapat pembiayaan sebesar 1.100 euro untuk biaya perjalanan, dan 120 euro per hari untuk biaya hidup. Pada kesempatan itu, masing-masing dosen jadi pembicara dari empat seminar.

Kegiatan ini diharapkan dapat pula membuka peluang kerja sama berkutnya antara Universitas Amikom Yogyakarta dan Murcia Universidad. Selain itu, kegiatan ini dapat jadi langkah lanjut internasionali Universitas Amikom Yogyakarta.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA