Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Wednesday, 15 Jumadil Akhir 1440 / 20 February 2019

Permudah Mobilitas Peserta, UNY Hadirkan Aplikasi Pimnas

Senin 27 Aug 2018 14:56 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Tampilan aplikasi Pimnas 2018.

Tampilan aplikasi Pimnas 2018.

Foto: Wahyu Suryana.
Jumlah pengguna aplikasi Pimnas 31 UNY sudah mencapai 1.000 pengguna.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dipercaya sebagai tuan rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-31. Untuk memudahkan mobilitas peserta, UNY berinovasi menghadirkan aplikasi khusus bernama Pimnas 31 UNY.

Mewujudkan Mahasiswa Indonesia yang Unggul, Kreatif, dan Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, Kemandirian dan Kecendekiaan dalam Bingkai Kebhinekaan dipilih jadi tema Pimnas ke-31 di UNY.

Namun, bagi UNY sebagai tuan rumah, teknologi dan inovasi menjadi titik tekan utama dalam gelaran Pimnas 2018. Karenanya, mobilitas peserta-peserta tidak cuma diberikan melalui buku-buku panduan.

Wajar saja, tidak kurang 136 perguruan tinggi se Indonesia turut serta dalam Pimnas ini. Pesertanya, lebih dari 1.523 orang ditambah tim-tim kedua, dengan perkiraan total 5.000 mahasiswa hadiri Pimnas ke-31.

"Titik tekan kita pada teknologi dan inovasi," kata Penanggung Jawab Pimnas ke-31, Prof Sumaryanto, yang merupakan Wakil Rektor III UNY.

Untuk itu, UNY menghadirkan aplikasi bernama Pimnas 31 UNY. Koordinator Teknologi Informasi, Muhammad Izzuddin Mahali menuturkan, aplikasi sudah bisa diunduh di Play Store maupun App Store.

Jika pada gelaran-gelaran lalu peserta lebih berpacu kepada buku panduan, kini mereka tidak perlu kerepotan mencari serba-serbi Pimnas. Mulai dari daftar kelas, rundown, jadwal peserta-peserta, semua ada di aplikasi Pimnas 31 UNY.

"Seperti jadwal, kita masukkan di aplikasi dengan basis online (daring), jadi jadwalnya bila berubah semua yang diaplikasi akan berubah," ujar Izzuddin.

Selain itu, Pimnas 31 UNY turut memberikan bantuan pencarian lokasi-lokasi lomba. Bahkan, dipasangkan peta secara detail melalui open street map yang ada di aplikasi, yang mampu menggambarkan area UNY secara detail.

Namun, lantaran rata-rat pengguna telepon pintar masih menggunakan Google Map, UNY turut menghadirkan itu demi memudahkan peserta. Tapi, menu open street map akan menghadirkan lokasi-lokasi detail di UNY.

Dalam Pimnas ke-31 ini, sebanyak 440 presentasi akan terbagi ke 22 ruangan. Artinya, ada 20 presentasi di masing-masing ruangan, yang biasanya sulit dipantau official dari tim-tim peserta Pimnas.

Untuk itu, pada aplikasi Pimnas 31 UNY dihadirkan jadwal-jadwal, dan dapat dilihat apakah tim-tim yang dicari sudah melakukan presentasi. Tentu, informasi-informasi pendukung seperti kontak-kontak panitia ada di sana.

"Biasanya informasi event-event itu banyak dan berantai, kadang simpang siur, ini kita hadirkan aplikasi biar jelas, informasinya update per detik, dan ada notifikasi yang mengingatkan kita," kata Izzuddin.

Dua hari sebelum pembukaan Pimnas ke-31 saja, pengguna aplikasi Pimnas 31 UNY sudah mencapai 1.000 pengguna. Diperkirakan, ada lebih dari 3.000 pengguna yang menggunakan aplikasi itu selaman Pimnas berlangsung.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA