Sunday, 19 Jumadil Akhir 1440 / 24 February 2019

Sunday, 19 Jumadil Akhir 1440 / 24 February 2019

UNY Siap Jadi Tuan Rumah Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional

Ahad 26 Aug 2018 16:39 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UNY.

Kampus UNY.

Foto: Wahyu Suryana.
Gelaran ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Kemenristekdikti memberikan kepercayaan kepada Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke 31. Rencananya, Pimnas 2018 berlangsung 28 Agustus-1 September mendatang.

Pimnas sendiri merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) dalam bidang penalaran untuk memperlombakan karya ilmiah mahasiswa tingkat nasional. Tujuannya, menciptakan iklim akademis.

Gelaran ini merupakan puncak kegiatan ilmiah mahasiswa berskala nasional. Sekaligus, sebagai forum ilmiah dan komunikasi produk kreasi mahasiswa yang diikuti oleh mahasiswa atau kelompok tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

Rektor UNY, Sutrisna Wibawa, mengatakan Pimnas kali ini mengambil tema Mewujudkan Mahasiswa Indonesia Yang Unggul, Kreatif, Inovatif Berlandaskan Ketakwaan, Kemandirian dan Kecendekiaan dalam Bingkai Kebhinekaan.

"Keunggulan, kreativitas, dan keinovatifan mahasiswa Indonesia sangat diperlukan di era global untuk memenangkan persaingan di tingkat nasional, regional, dan global," kata Sutrisna.

Ia mengingatkan, keunggulan itu harus didasari dengan nilai-nilai ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan. Penanggung Jawab (PJ) Pimnas ke-31, Sumaryanto, mengatakan ada tujuh bidang PKM yang diperlombakan.

Mulai PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), PKM Kewirausahaan (PKM-K), PKM Pengabdian Pada Masyarakat (PKM-M), PKM Penerapan Teknologi (PKM-T), PKM Karsa Cipta (PKM-KC).

"Ada pula PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT)," ujar Sumaryanto.

Pimnas ke-31 di UNY yang menurut rencana berlangsung Selasa (28/8) hingga Sabtu (1/9) akan diikuti 1.523 mahasiswa dari 136 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Mereka tergabung dalam 440 kelompok PKM.

Pimnas akan menggunakan 22 ruangan Fakultas MIPA, Bahasa dan Seni, Ilmu Sosial, Pascasarjana, LPPM, LPPMP, dan Gedung Kuliah Umum. Dalam Pimnas, selain presentasi, akan dilombakan poster PKM di Tennis Indoor UNY.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA