Saturday, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 February 2019

Saturday, 11 Jumadil Akhir 1440 / 16 February 2019

Mahasiswa IPB Ikuti Summer Research Program di Jepang

Ahad 12 Aug 2018 04:45 WIB

Red: Irwan Kelana

Para peserta Summer Research Program, Tsukuba University, Jepang.

Para peserta Summer Research Program, Tsukuba University, Jepang.

Foto: Dok IPB
Kegiatan itu juga diikuti mahasiswa dari delapan negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suci Hermita, mahasiswa  Departemen Biokimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pertanian Bogor  (FMIPA IPB) berhasil mengikuti Summer Research Program in Biomedical and Environmental Sciences, di Tsukuba University, Jepang.

 

Kegiatan ini berlangsung pada 23 Juli sampai 4 Agustus 2018. Suci mengikuti kegiatan tersebut  bersama 41 peserta lainnya yang berasal dari Indonesia, Inggris, Taiwan, Vietnam, Jepang, Brazil, China, dan Jerman.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan sistem dan atmosfer penelitian di Tsukuba University, terutama di Faculty of Medicine and Environmental Sciences. Kami melaksanakan penelitian di laboratorium untuk topik tertentu selama dua minggu. Kami juga dibimbing oleh seorang profesor dan teaching assistant,” kata Suci dalam rilis IPB yang diterima Republika.co.id, Sabtu (11/8).

 

photo

Suci Hermita, mahasiswa IPB peserta Summer Research Progam Tsukuba University, Jepang.

Suci memilih Laboratorium Molecular and Developmental Biology di sana. Ia melakukan riset mengenai pengaruh empat senyawa fitokimia dalam menurunkan stres oksidatif secara in vivo menggunakan zebrafish sebagai hewan model.

 

“Kami melakukan penelitian pada hari kerja. Saya dibimbing langsung oleh Prof  Dr Makoto Kobayashi dan didampingi Yuka Endo sebagai teaching assistant saya. Penelitian ini merupakan rangkaian dari proyek profesor yang belum dilakukan sebelumnya,” katanya.

 

Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa senyawa eugenol memiliki potensi yang baik dalam menurunkan stres oksidatif pada zebrafish. Hasil penelitian tersebut kemudian dilaporkan dan dipresentasikan di sana. Dalam kegiatan tersebut, Suci juga termasuk dalam 10  top partisipant.

 

Menurut Suci, selama program ini berlangsung ia belajar banyak mengenai penanganan zebrafish dan alat-alat penelitian yang belum pernah dipakai sebelumnya. Suci berharap hasil penelitiannya ini dapat bermanfaat untuk perkembangan penelitian, khususnya mengenai stres oksidatif. “Saya berharap dapat melakukan penelitian lebih lanjut sehingga dapat dipublikasikan,” katanya.

 

Mahasiswa yang menjadi salah satu Penerima Manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara dan aktif sebagai Sekretaris Umum Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Forces IPB ini mengatakan sangat bersyukur bisa mengikuti summer research program ini. “Melalui kegiatan ini saya belajar banyak tentang sistem penelitian di Jepang. Saya juga bertemu dengan teman-teman dari negara lain, sehingga dapat melakukan culture exchange dan memperluas jaringan,” tambahnya.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES

In Picture: Konflik Lahan di Jambi

Jumat , 15 Feb 2019, 21:07 WIB