Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Friday, 17 Jumadil Akhir 1440 / 22 February 2019

Prodi Pendidikan Profesi Insinyur UMM Siap Terima Mahasiswa

Kamis 19 Jul 2018 11:17 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Esthi Maharani

Kampus UMM

Kampus UMM

calon mahasiswa PSPPI harus sudah pernah bekerja minimal selama 1 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menyatakan telah siap menerima mahasiswa baru 2018/2019. Berbagai persiapan mulai dari kertersediaan tenaga pengajar profesional, kurikulum pengajaran hingga fasilitas pendukung perkuliahan telah disediakan.

Dosen PSPPI UMM, Tatag Muttaqin menyampaikan, pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini pihaknya memang sudah siap menerima mahasiswa baru. "Kalau tahun ini mulai ada yang ingin mendaftar ke PSPPI, kami siap menerima," jelasnya.

Untuk bisa mendaftar sebagai mahasiswa program ini, Tatag menambahkan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Salah satu di antaranya, dia melanjutkan, setiap calon mahasiswa PSPPI harus sudah pernah bekerja terlebih dahulu minimal selama satu tahun. Oleh karena itu, sarjana baru yang baru lulus tidak dapat mengambil program ini.

Setelah menyelesaikan studi selama dua semester, nantinya lulusan dari PSPPI akan memperoleh sertifikat tenaga professional. Dalam hal ini seperti National Registered Engineer (NRE), Asean Chartered Professional Engineer (ACPE), Registered Foreign Professional Engineer (RFPE) atau Asia Pacific Economi Cooperation Engineer (APECEng). Berbagai sertifikat tersebut akan menunjang karir para alumni PSPPI UMM di lapangan.

“Tenaga profesional dengan sertifikat tersebut  sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan dengan level nasional maupun internasional,” tandas Tatag melalui keterangan resmi yang diterima Republika, Kamis (19/7).

Sebelumnya, Januari lalu terdapat tiga dosen dari prodi Kehutanan UMM telah dikukuhkan menjadi Insinyur Profesional Madya (IPM) dan Insinyur Profesional Utama (IPU). Bersama 14 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang lain, UMM langsung bersinergi dengan Badan Kejuruan Teknik Kehutanan (BKTHut) sebagai salah satu dari 19 badan kejuruan dibawah Persatuan Insinyur Indonesia (PII). Dengan pengukuhan tersebut, ketiga dosen telah dinyatakan siap mengawal PSPPI di UMM.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES