Rabu 20 Jun 2018 18:10 WIB

Wapres JK akan Resmikan Gedung Baru Unhas

Pembangunan kampus Teknik Gowa ini tidak terlepas dari gagasan Jusuf Kalla

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Esthi Maharani
Universitas Hasanudin
Foto: .
Universitas Hasanudin

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, akan kembali meresmikan tiga gedung di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, yaitu Kampus Fakultas Teknik Unhas di Kabupaten Gowa, Gedung Institute Microfinance Center di Kampus Tamalanrea, dan Kantin Tematik di Fakultas Peternakan, Tamalanrea.

Peresmian gedung-gedung baru ini akan berlangsung pada Sabtu (23/6), dipusatkan di Kampus Fakultas Teknik Unhas, di Gowa. Menurut rencana, pada tanggal 24 Juni esok harinya, Wapres akan meninjau Microfinance Center yang terletak di Kampus Tamalanrea.

Kepala Unit Humas dan Protokoler Universitas Hasanuddin Ishaq Rahman menjelaskan, kampus Fakultas Teknik Unhas di Gowa dibangun sejak tahun 2009. Proyek yang dibiayai melalui bantuan pemerintah Jepang ini dilengkapi berbagai sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung aktivitas akademik, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Di kampus ini terdapat beberapa pusat penelitian, antara lain JK Center of Technology, dan JK Center of Scientific Activities. Pembangunan kampus Teknik Gowa ini tidak terlepas dari gagasan Jusuf Kalla, yang juga merupakan Ketua Ikatan Alumni Unhas.

Sementara Gedung Institute of Microfinance Center di Kampus Unhas Tamalanrea dibangun dengan bantuan Bank Rakyat Indonesia (BRI). "Gedung ini akan menjadi pusat kajian dan pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah di Indonesia," ujar Ishaq dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (20/6).

Center of Microfinance di Unhas merupakan pusat pertama dan satu-satunya di Indonesia yang dibantu oleh Bank BRI. Fasilitas ini mulai dibangun tahun lalu, yang ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 17 Februari 2017.

Pada peletakan batu pertama lebih setahun lalu itu, Rektor Unhas Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA mengatakan bahwa fasilitas ini adalah kebutuhan masyarakat dimana Unhas dengan dukungan BRI turut mengambil bagian. "Perlu ada wadah terintegrasi untuk pendampingan masyarakat usaha kecil dengan dukungan kajian akademik," kata Prof. Dwia saat itu.

Sementara itu, Kantin Tematik yang berlokasi di Fakultas Peternakan Unhas merupakan sumbangan dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSTMI) Sulawesi Selatan. Fasilitas ini juga telah rampung dan siap dimanfaatkan oleh civitas akademika Unhas.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Rektor Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D mengatakan bahwa peresmian ketiga fasilitas akan dipusatkan di Kampus Teknik Gowa. Meskipun demikian, Wapres juga akan berkunjung ke Center of Microfinance di Tamalanrea pada esok harinya tanggal 24 Juni.

"Kami terus berkoordinasi dengan jajaran protokoler Wapres untuk rencana peresmian di Gowa dan kunjungan Wapres ke Kampus Unhas, Tamalanrea," kata Suharman.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement