Ahad 03 Jun 2018 15:21 WIB

Fabric Activity Book, Inovasi Mainan Anak Sesuai Usia

Orang tua dapat memilih berbagai aktivitas sesuai usia buah hatinya.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Mainan Fabric Actiity Book.
Foto: Dokumen.
Mainan Fabric Actiity Book.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Memberikan mainan sesuai dengan kebutuhan usia anak akan membantu perkembangan anak. Sayangnya, saat ini belum banyak mainan di pasaran yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan usia anak-anak.

Kondisi ini mendorong sekelompok mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta mengembangkan produk mainan yang didesain sesuai kebutuhan usia anak. Produk itu berupa mainan anak yang dikemas dalam bentuk buku dari kain flanel yang dinamai Fabric Activity Book (FAB).

Buyung Luhur Pambudi, pengembang FAB menyampaikan, mainan yang dikembangkan memiliki konsep sesuai kebutuhan anak. Berguna untuk menstimulus otak, sehingga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

"Mainan ini praktis berbentuk buku supaya tidak berceceran dan mudah dibawa ke mana saja," kata mahasiswa Bahasa Prancis Sekolah Vokasi UGM tersebut, Rabu (30/5) lalu.

Selain itu, mainan dibuat rumahan dan pembuatan menggunakan kain, sehingga aman bagi anak. Pembuatan FAB dilakukan Buyung bersama dua rekannya, Herlinda Aprianti (D3 Bahasa Inggris) dan Adi Wahyu Saputra (Akuntansi FEB).

Produk ini sendiri berhasil mendapatkan dana hibah dari Kemenristek Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan 2018. FAB memiliki sembilan halaman dengan aktivitas berbeda. Dengan begitu, orang tua dapat memilih berbagai aktivitas sesuai usia buah hatinya.

Buyung mengatakan, pembeli bisa memesan buku dengan tema sesuai keinginan dan diberi nama anak. Dilengkapi pula dengan penjepit yang mudah dibuka untuk memindahkan halaman dan mengurutkan aktivitas yang sesuai dengan yang dibutuhkan. "Mainan ini juga disertai katalog tentang aktivitasnya," ujar Buyung.

Katalog berguna untuk membantu orang tua tentang tata cara penggunaan dan manfaat-manfaat yang diperoleh. Katalog diperinci per halaman, sehingga orang tua mudah memahami maksud dari aktivitas tersebut.

Saat ini, Fabric Activity Book dapat dipesan melalui Instagram di @fabricaktivitybook. Mainan ini juga dapat diperoleh di sejumlah toko perlengkapan bayi yang telah bermitra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement