Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Minggu, 8 Zulhijjah 1439 / 19 Agustus 2018

Sejumlah Alumni UMY Raih Penghargaan Alumni Award 2018

Senin 14 Mei 2018 14:52 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Yusuf Assidiq

Para penerima penghargaan Alumni Award 2018.

Para penerima penghargaan Alumni Award 2018.

Foto: Dokumen.
Keluarga Alumni UMY berencana menggagas skema beasiswa alumni untuk para junior.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Keberadaan alumni bagi sebuah perguruan tinggi dapat menjadi sebuah tolak ukur untuk keberhasilannya memberikan pendidikan. Dari jumlah yang mencapai hampir 30 ribu, ada banyak sekali figur alumni dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yang sudah berhasil mencapai prestasi dalam berbagai bidang.

Civitas akademika UMY pun menggelar Alumni Award 2018 bagi para alumni sebagai bentuk penghargaan. Rektor UMY, Gunawan Budiyanto, menyampaikan program ini berawal dari keinginan UMY untuk memberikan rekognisi atas capaian yang telah diraih.

"Penerima penghargaan ini bukan kita nilai dari glamornya hidup yang telah diraih. Namun dari kontribusi yang telah ia lakukan kepada masyarakat sekitarnya melalui bidang yang mereka kuasai. Ini juga sebagai barometer bagi UMY dalam menilai kurikulum yang sudah kita ajarkan, dan dari sini nantinya alumni juga akan berperan dalam memberikan pemantapan melalui berbagi pengalaman yang mereka dapatkan di bidang masing-masing," ujarnya, akhir pekan lalu.

Alumni Award 2018 yang dilaksanakan di pelataran Gedung Kasman Singodimedjo tersebut memberikan delapan penghargaan terhadap alumni. Ada tujuh penghargaan dengan kategori Alumni Achievement Award (AAA) yang diberikan kepada satu orang dari setiap fakultas di UMY dan satu penghargaan kategori Outstanding Achievement Award (OAA) untuk satu orang alumni terpilih.

Salah seorang penerima penghargaan AAA untuk Fakultas Agama Islam, Mursida Rambe, menyebutkan pengabdian yang dilakukan oleh para alumni UMY pada masyarakat merupakan sebuah keharusan dan merupakan bagian dakwah.

"Saya kira setiap dari alumni UMY yang mengabdi di masyarakat adalah para pendakwah ulung yang berhasil berkontribusi pada masyarakat. Karena menurut saya dakwah tidak perlu monoton dilakukan dari masjid, tapi bisa juga kita lakukan melalui bidang-bidang yang sudah kita kuasai," ujar pendiri salah satu acuan model koperasi Syariah di Indonesia ini, BMT Beringharjo.

Tak hanya kontribusinya kepada masyarakat, para alumni UMY juga turut memberikan perhatian pada junior yang saat ini masih mengenyam pendidikan di UMY. Penerima penghargaan AAA dari Fakultas Teknik, Fither Ramilado, menyebutkan bahwa KAUMY (Keluarga Alumni UMY) berencana menggagas skema beasiswa alumni untuk para juniornya.

"Saya bersama Yana Aditya sedang membicarakan skema pemberian beasiswa kepada adik-adik mahasiswa yang masih berkuliah di UMY. Ini merupakan bentuk dari perhatian kami kepada para tunas bangsa yang kelak akan melanjutkan estafet perjuangan kita untuk berkontribusi menciptakan Indonesia yang lebih baik," jelas lulusan Prodi Teknik Mesin 2001 yang saat ini menjabat sebagai Direktur Operasional dan Pengembangan Usaha PT Rumah Sakit Bakti Timah.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES