Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

Sunday, 8 Zulhijjah 1439 / 19 August 2018

UAD-BNI Syariah Sinergi Permudah Pembayaran Mahasiswa

Selasa 24 April 2018 17:56 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah/ Red: Fernan Rahadi

BNI Syariah

BNI Syariah

H2H mengintegrasikan teknologi informasi antara universitas dengan bank

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Bank Negara Indonesia (BNI) Syariah menjalin kerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Kerja sama yang dilakukan ini adalah kerja sama dalam memberikan kemudahan penerimaan pembayaran mahasiswa dengan layanan sistem host to host (H2H).

Direktur Bisnis BNI Syariah, Dhias Widhiyati mengatakan, layanan H2H sendiri merupakan layanan sistem transaksi yang mengintegrasikan teknologi informasi antara universitas dengan bank. Sehingga transaksi pembayaran yang dilakukan oleh mahasiswa dapat dilakukan secara online, real time dan direkonsiliasikan oleh universitas," ujar Dhias dalam penandatanganan perjanjian kerja sama fasilitas pembayaran biaya pendidikan melalui lahanan sistem host to host di Kampus IV UAD Yogyakarta, Selasa (24/4).

Dengan adanya kerja sama ini, maka mahasiswa UAD dapat melakukan pembayaran biaya kuliah maupun uang gedung melalui cabang dan ATM BNI Syariah. Diharapkan, dengn adanya pelayanan ini maka dapat lebih memudahkan mahasiswa dalam melakukan pembayaran tanpa lagi melalui antrian yang panjang.

Ia pun mengatakan, saat ini BNI Syariah tengah fokus mengembangkan halal ecosystem. Dalam mengembangkan ekosistem itu, industri yang menjadi fokus bagi BNI Syariah adalah bidang pendidikan dan kesehatan. Meskipun, lanjutnya, tak menutup kemungkinan bagi BNI Syariah juga mengembangkan bidang-bidang strategis lainya.

Kerja sama pembayaran dengan UAD ini merupakan pintu masuk bagi kami untuk dapat meningkatkan kerja sama dengan UAD. Diharapkan, kami juga dapat memberikan fasilitas transaksi keuangan dengan menggunakan smart card," ujarnya.

Dengan smart card ini, maka mahasiswa dapat menggunakan kartu debit serta kartu tap cadh sekaligus. Sehingga, mahasiswa dapat dipermudah dalam melakukan berbagai transaksi hanya dengan menggunakan satu kartu.

Tak hanya itu, lanjut dia, BNI Syariah juga siap untuk membantu UAD dalam melakukan pengembangan gedung di lingkungan kampus. Hal ini akan sangat kami dukung mengingat setiap tahun UAD menampung sekitar enam ribu mahasiswa baru sehingga memerlukan pengembangan gedung untuk meningkatkan daya tampung kampus, kata dia.

Terkait kerja sama fasilitas pembayaran biaya pendidikan melalui layanan sistem host to host tersebut, BNI Syariah juga melakukan kerja sama serupa dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dalam waktu dekat, lanjut dia, BNI Syariah pun juga akan melakukan kerja sama serupa dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES